Pemilu 2019

Bisa Tunjukkan Jari Warna Ungu, Warga Langsung Dapat Soto Gratis Dari Khofifah Di Surabaya

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjamu para pemilih di TPS 38 Jemurwonosari dengan soto ayam gratis.

Bisa Tunjukkan Jari Warna Ungu, Warga Langsung Dapat Soto Gratis Dari Khofifah Di Surabaya
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjamu para pemilih di TPS 38 Jemurwonosari dengan soto ayam gratis, Rabu (17/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjamu para pemilih di TPS 38 Jemurwonosari dengan soto ayam gratis.

Pasalnya, TPS 38 berlokasi hanya 30 meter di depan kediaman pribadi Khofifah itu cukup banyak pemilih yang menjadi DPT. Yaitu sebanyak 235 orang pemilih.

Untuk memberikan semangat dan apresiasi bagi masyarakat di kampungnya yang sudah menggunakan hak pilih, Gubernur Khofifah menyediakan jamuan soto ayam, kopi, dan juga es campur dan sop buah.

Syarat untuk bisa menikmati jamuan ini tak lain adalah menunjukkan jarinya yang sudah bertinta ungu. Yang menandakan masyarakat tersebut sudah menggunakan hak pilih di TPS.

Salah satu yang memanfaatkan jamuan gratis ini adalah Setyoneingsing. Warga Gang Modin di belakang rumah gubernur Khofifah ini langsung menyerbu soto ayam yang disediakan Khofifah dekat TPS.

Ia menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah berwarna ungu dan langsung mendapatkan semangkuk soto. "Lumayan jadi dapat sarapan gratis," kata Setyoningsih.

Lebih lanjut ia mengatakan, usai mencoblos kesan pertama yang ia dapatkan adalah Pemilu kali ini lebih susah dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

Terutama lantaran surat suara yang harus dicoblos bervariasi hingga lima jenis. Ia sendiri sempat harus lama mencari sosok yang ingin ia pilih di Pileg karena nama kandidat yang begitu banyak. "Tapi alhamdulillah sudah nyoblos. Dan harus bangga sudah bisa menyalurkan hak pilih," katanya.

Sementara Gubernur Khofifah mengaku sengaja menyediakan jamuan bagi masyarakat sekitar TPS 38 Jemurwonosari yang juga menjadi tempat dirinya dan empat anaknya menyalurkan hak pilih.

Usai menyalurkan hak pilih bersama empat anaknya, Khofifah menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat yang sedang makan dengan syarat menunjukkan jari berwarna ungu tersebut.

"Ayo yang belum sarapan monggo sarapan soto," kata Khofifah merangkul salah satu ibu-ibu yang keluar TPS dan mengajaknya di rombong soto ayam depan rumahnya.

"Masih banyak Bu? Nanti kalau siang mungkin akan lebih banyak yang datang ke TPS," katanya pada penjual soto tersebut.

Lebih lanjut, Khofifah berharap masyarakat Jawa Timur bisa seluruhnya menyalurkan hak pilihnya ke TPS masing-masing. Ia meminta pada seluruh warga Jawa Timur untuk ikut berperan serta menyalurkan hak pilihnya dan menghormati semua proses yang berjalan.

Khofifah sendiri menarget agar partisipasi masyarakat Jawa Timur dalam Pemilu 2019 ini meningkat dan menyentuh angka 77,5 persen.

"Hasil dari koordinasi dengan jajaran terkait, kita menargetkan pattisipasi masyarakat Jawa Timur bisa menyentuh angka 77,5 persen," pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved