Rumah Politik Jatim

Penentuan Suara Sah dan Tidak Sah di Pilpres dan Pileg Pemilu 2019, Perhatikan Surat Suara di TPS !

Sah atau tidaknya surat suara pemilih diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara

Penentuan Suara Sah dan Tidak Sah di Pilpres dan Pileg Pemilu 2019, Perhatikan Surat Suara di TPS !
IST
Pemilu 2019 penetuan sah tidaknya suara 

SURYAMALANG.COM - Sudah ke TPS dan mencoblos sebagai partisipasi di Pemilihan Presiden (Piklpres dan Pemilihan legislatif (Pileg) di Pemilu 2019 hari ini ?

Bagi anda yang belum ke TPS masih ada waktu untuk segera mendatangi TPS.

Sembari menunggu waktu dan giliran mencoblos kertas suara ada baiknya mengetahui cara mencoblos dan penentuan sah atau tidaknya surat suara.

Sudah tahu cara mencoblos agar surat suara Anda sah?

Ketentuan mengenai sah atau tidaknya surat suara pemilih diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

Simak hal-hal yang harus Anda perhatikan berikut ini:

1. Surat suara harus ditandatangani oleh ketua KPPS

Pasal 35 Ayat 2 huruf e PKPU Nomor 3 Tahun 2019 menyebutkan, surat suara yang diterima pemilih harus telah ditandatangani oleh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kemudian, Pasal 38 Ayat 1 huruf a mengatur bahwa ketua KPPS perlu menandatangani surat suara sebelum diberikan kepada pemilih.

Komisioner KPU, Ilham Saputra, mengatakan, tanda tangan ketua KPPS turut menentukan sah atau tidaknya surat suara tersebut.

Halaman
1234
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved