Pemilu 2019

Wahyudi, Pemilih ODGJ Di Kota Blitar Mencoblos Didampingi Ayahnya

ODGJ yang punya hak pilih mereka yang kondisinya tenang, bisa diajak komunikasi dan tidak mudah mengamuk.

Wahyudi, Pemilih ODGJ Di Kota Blitar Mencoblos Didampingi Ayahnya
suryamalang.com/Samsul Hadi
Wahyudi, pemilih ODGJ di Kota Blitar memasukkan surat suara ke kotak suara di TPS 8 Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Rabu (17/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Wahyudi (44) terlihat semangat datang ke TPS 8 Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Rabu (17/4/2019). Pemilih yang mengalami gangguan mental itu akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019.

Wahyudi datang ke TPS diantar orangtuanya, Sutaji. Sesampai di TPS, dengan dibimbing Sutiaji, Wahyudi menyerahkan surat undangan ke petugas KPPS. Setelah itu, Wahyudi duduk mengantre di TPS.

Tak lama kemudian, petugas memanggil nama Wahyudi untuk persiapan mencoblos. Wahyudi didampingi Sutiaji menuju ke bilik suara. Wahyudi mencoblos dengan dibimbing oleh ayahnya, Sutiaji. Usai mencoblos, Wahyudi dengan didampingi Sutiaji memasukkan surat suara ke kotak suara.

"Anak saya sudah 20 tahun mengalami gangguan jiwa. Tapi sekarang kondisinya sudah tenang," kata Sutiaji, ayah Wahyudi usai mengantar anaknya mencoblos.

Sutiaji mengatakan, anaknya sudah lama mengalami gangguan jiwa. Sebelumnya, Sutiaji harus memasung anaknya. Karena anaknya sering mengamuk. "Dia saya pasung selama 20 tahun. Sekitar 5 tahun ini sudah saya lepas, kondisinya juga sudah tenang," ujarnya.

Sutiaji mengaku tidak kesulitan mendampingi anaknya mencoblos. Sebab, sebelumnya, Sutiaji sudah mendapat sosialisasi dari pemerintah untuk mendampingi anaknya mencoblos di Pemilu 2019. "Sudah ikut sosialisasi di kecamatan," katanya.

Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Kepanjenkidul, Hartutik mengatakan, di Kecamatan Kepanjenkidul ada 38 orang dengan gangguan jiwa yang mempunyai hak pilih di Pemilu 2019. ODGJ yang memiliki hak pilih mereka yang kondisinya sudah tenang.

Artinya, ODGJ itu bisa diajak komunikasi dan tidak gampang mengamuk. "ODGJ yang punya hak pilih mereka yang kondisinya tenang, bisa diajak komunikasi dan tidak mudah mengamuk," kata Hartutik saat ikut mendampingi Wahyudi mencoblos di TPS. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved