Kabar Mojokerto

Pegawai Toko Bayar Rp 2,3 Juta untuk Koin Rp 500.000, Waspadai Modus Baru Penipuan Seperti Ini

Para pelaku menyasar toko perlengkapan anak-anak Lestari yang berada di Jalan Mojopahit, Kranggan, Kota Mojokerto. Aksi penipuan ini terekam tiga kame

Pegawai Toko Bayar Rp 2,3 Juta untuk Koin Rp 500.000, Waspadai Modus Baru Penipuan Seperti Ini
Danendra Kusuma
Pegawai toko menunjukkan uang koin sejumlah Rp 500.000 yang disebut sebanyak Rp 2.294.000. Penipuan ini terjadi di toko perlengkapan anak-anak Lestari, Jalan Mojopahit, Kranggan, Kota Mojokerto. 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO - Kasus penipuan dengan cara menukar uang koin terjadi di Kota Mojokerto.

Para pelaku menyasar toko perlengkapan anak-anak Lestari yang berada di Jalan Mojopahit, Kranggan, Kota Mojokerto. Aksi penipuan ini terekam tiga kamera CCTV Toko Lestari.

Seorang pegawai Toko Lestari Rodiatul Masruroh (18) mengatakan, peristiwa itu terjadi Rabu (17/4)/2019. Kala itu, Toko Lestari sedang ramai pembeli.

"Kejadiannya kemarin, Rabu (17/4/2019) sekitar pukul 12.45 WIB. Karena hari libur, toko ramai pembeli," katanya, Kamis (18/4/2019).

Masruroh sapaan akrabnya menyebutkan, pelaku berjumlah 3 orang. Saat memasuki toko, seorang pelaku langsung menyodorkan tawaran penukaran uang kepada pemilik toko Sri Setyowati (45) yang duduk di kursi kasir.

"Bu Setyowati menerima tawaran para pelaku. Karena toko butuh uang koin untuk kembalian. Selain itu bu Setyowati berniat membantu," sebutnya.

Sejumlah pegawai pun menghitung jumlah uang koin yang diserahkan pelaku. Mulanya, para pegawai menghitung uang koin dengan cara menyamakan nominalnya.

"Nominal uang koin yang diserahkan pelaku di antaranya Rp 100, Rp 200, dan Rp 500. Sebelum dihitung, Kami mengumpulkan uang koin dengan menyamakan nominalnya. Kami menghitung dengan membeber uang koin di lantai sebelah kasir sembari duduk lesehan," ucapnya.

Tak seberapa lama, tiba-tiba seorang pelaku menghentikan para pegawai saat tengah menyamakan nominal uang koin. Lantas, pelaku mencampur uang koin yang telah disamakan nominalnya oleh pegawai.

"Seorang pelaku berkata, cara menghitungnya disusun tak sesuai nominal saja. Namun, setiap satu susunan nomilan uang koinnya berjumlah Rp 1.000. Kami tanpa curiga menuruti permintaan pelaku," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved