Rumah Politik Jatim

KPU Jatim Peringatkan Masyarakat Soal Hasil Rekapitulasi Suara: Hati-Hati Hoax

Semakin banyak informasi yang beredar di sosial media terkait hasil rekapitulasi mengatasnamakan KPU Jatim.

KPU Jatim Peringatkan Masyarakat Soal Hasil Rekapitulasi Suara: Hati-Hati Hoax
KPU
Update real count KPU Jumat (19/4/2019) pukul 10.30 WIB 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah mempercayai berbagai hasil rekapitulasi mengatasnamakan pihak penyelenggara. KPU Jatim menegaskan bahwa saat ini masih belum mengumumkan hasil rekapitulasi.

"Semakin banyak informasi yang beredar di sosial media terkait hasil rekapitulasi mengatasnamakan KPU Jatim. Perlu kami sampaikan, bahwa hal tersebut tidak benar atau hoax," tegas Ketua KPU Jatim, Choirul Anam ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (19/4/2019).

Saat ini pihaknya masih terus melakukan rekapitulasi. Sehingga, belum ada pengumuman hasil pemilu di tingkat provinsi. "KPU Jatim belum mengumumkan hasil pemilu di Jatim," kata Anam yang juga mantan Komisioner KPU Surabaya ini.

Anam menjelaskan, bahwa rekapitulasi suara dilakukan berjenjang. Usai perhitungan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesaat setelah pencoblosan, 17 April 2019 lalu, rekapitulasi terus dilakukan hingga pertengahan Mei mendatang.

Di antaranya, di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten/Kota, hingga Provinsi. "Rekap hasil pemilu dilaksanakan secara berjenjang," kata Anam.

Untuk diketahui, pasca pemungutan suara, Rabu (17/4/2019) lalu, beredar hasil perhitungan suara mengatasnamakan KPU Jatim. Hal tersebut beredar di berbagai media sosial.

Sementara itu, saat ini proses perhitungan masih berlangsung di tingkat PPK. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gayungsari Kota Surabaya, misalnya, mulai merekap perolehan suara dari tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), Jumat (19/4/2019). Di kecamatan ini ada 28.668 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di 108 TPS.

Proses perhitungan dimulai sekitar pukul 10.15 WIB. "Kami memulai lebih cepat karena kami menargetkan proses rekapitulasi bisa selesai lebih cepat," kata Ketua PPK Gayungsari, Mujiyanto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (19/4/2019).

Untuk mempercepat proses rekapitulasi, PPK Gayungsari menyiapkan dua bilik untuk menghitung perolehan tiap kelurahan. Di tiap biliknya akan dihitung masing-masing perolehan untuk tiap kelurahan.

"Untuk hari pertama, ada Kelurahan Gayungan di bilik pertama. Kemudian ada kelurahan Ketintang di bilik kedua," kata Mujiyanto.

Pihaknya menargetkan proses perhitungan suara dapat selesai empat hari untuk empat kelurahan di kecamatan tersebut. "Kami bekerja 12 jam tiap hari. Di mulai pukul 09.00 dan selesai pukul 15.00," katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, proses perhitungan rekapitulasi suara dimulai dari penulisan hasil suara di tiap TPS. Untuk lima jenis surat suara, tiap TPS membutuhkan waktu 45 menit hingga 60 menit. 

Jadwal Rekapitulasi Suara Pemilu 2019:
- Tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK): 18 April - 4 Mei 2019
- Tingkat KPU Kabupaten/Kota : 20 April - 7 Mei 2019
- Tingkat KPU Provinsi : 22 April - 12 Mei 2019

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved