Malang Raya

Besok, Semua SMP dan MTs di Kota Malang Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer

Mulai Senin (22/4/2019) sampai Kamis (25/4/2019), siswa kelas 9 SMP/MTs menjalani ujian nasional (unas). Di Kota Malang, sudah menggunakan UNBK semua.

Besok, Semua SMP dan MTs di Kota Malang Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer
istimewa
ARSIP - Suasana UNBK di MTs Al Huda Kota Malang saat pelajaran Matematika, Selasa (24/4/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Mulai Senin (22/4/2019) sampai Kamis (25/4/2019), siswa kelas 9 SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) menjalani ujian nasional (unas). Di Kota Malang, semua menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Untuk UNBK SMP terutama sekolah negeri dua shift," jelas Zubaidah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Minggu (21/4/2019).

Dua shift ujian dilakukan untuk menghindari kerawanan listrik padam. Untuk Senin dimulai dengan mapel Bahasa Indonesia. Selasa mapel Matematika. Rabu mapel Bahasa Inggris dan hari terakhir adalah IPA.

Sebagian besar sekolah melaksanakan UNBK di sekolah sendiri. Tapi ada juga yang menumpang di sekolah lain. Sebagaimana data di Dindik Kota Malang, SMP Wahid Hasyim menumpang di SMK PGRI 3.

Kemudian di SMKN 4 ada dua SMP swasta yaitu SMP PGRI 06 dan SMP NU Haysim Asy'ari. Lalu SMP Waskita Darma di SMK PU. SMP Asifa di SMK Widyagama. Sedang SMP Kristen 1 YPK di SMAK St Albertus.

Kemudian SMP PGRI 04 di SMKN 6. SMP Kartini Yasri di SMk Nasional dan SMP Islam Al Amin di SMK Telkom Kota Malang. RV Sudharmanto, Kepala SMPN 21 Kota Malang pada suryamalang.com menyatakan sebanyak 284 siswa kelas 9 ikut UNBK.

"Ada satu siswa inklusi. Low vision. Tapi anaknya pandai sekali sehingga tetap pakai UNBK," jelas kasek. Kemungkinan nanti siswa didampingi guru agar jika membaca soal di komputer tidak terlalu dekat. MTs-MTs juga melaksanakan UNBK. Jumlah peserta unas beragam. Mulai empat siswa hingga 336 siswa.

Sedang jumlah peserta unas dari SMP Negeri Terbuka terbanyak di SMPN Terbuka 01 ada 68 siswa. Kemudian SMPN Terbuka 02 ada 27 siswa, SMPN Terbuka 03 ada 14, SMPN 04 ada 43 siswa dan SMPN Terbuka 05 ada 17 siswa. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved