Malang Raya

BUMDes dan Pokdarwis Diyakini Pemkab Malang Bisa Perbaiki Kesejahteraan Warga

Kini, di Kabupaten Malang terdapat 236 BUMDes baik tingkat mandiri, berkembang, maupun rintisan. Dari 236 BUMDes tersebut 207 di antaranya merupakan..

BUMDes dan Pokdarwis Diyakini Pemkab Malang Bisa Perbaiki Kesejahteraan Warga
gobumdes
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang menginstruksikan semua desa yang belum punya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar segera membentuk BUMDes.

“Terdapat dua aspek yang menjadi tujuan dibentuknya BUMDes, yaitu pemasukan bagi PADes (pendapatan asli desa) dan kesejahteraan masayarakat disekitarnya. Untuk itu semua desa harus punya unit usaha," terang Kepala DPMD Kabupaten Malang Suwadji.

Suwadji menambahkan, BUMDes diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tahun ini pihaknya menganggarkan dana Rp 750 juta untuk 10 desa yang fokus dalam pengembangan BUMDes. Tapi, Suwadji menegaskan pihaknya memberlakukan seleksi terlebih dahulu pada desa-desa yang telah terapkan BUMDes.

Kini, di Kabupaten Malang terdapat 236 BUMDes baik tingkat mandiri, berkembang, maupun rintisan. Dari 236 BUMDes tersebut 207 di antaranya merupakan badan usaha lokal milik desa, sementara 29 sisanya merupakan BUMDes bersama yang dikelola oleh beberapa desa.

BUMDes ini mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat mulai dari pengembangan produk dan pemasaran. Sehingga dapat lapangan pekerjaan," tutur Suwadji.

Di sisi lain, pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) sedang digalakkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

"Tahun 2018, 118 pokdarwis terbentuk di sini (Kabupaten Malang). Targetnya sekarang susah 200 pokdarwis yang tebentuk. Pujon Kidul sekarang sudah menjadi aset pariwisata nasional. Untuk itu harus kami cari lokasi penyangga yang bisa jadi pilihan setelah wisatawan berkunjung kesana (pujon kidul),” ujar Made. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved