Kabar Banyuwangi

Gubernur Jatim, Khofifah Terpesona Aneka Bunga Di Agro Expo Banyuwangi

Di sela membuka Pameran Inovasi Jawa Timur di Banyuwangi, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menikmati panorama kebun Agro Expo Banyuwangi

Gubernur Jatim, Khofifah Terpesona Aneka Bunga Di Agro Expo Banyuwangi
suryamalang.com/Haorrahman
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat berada di tengah bunga Agro Expo di Banyuwangi 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Di sela membuka Pameran Inovasi Jawa Timur di Banyuwangi,  Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menikmati panorama kebun Agro Expo Banyuwangi. Khofifah mengaku sangat terpesona dengan keindahan kebun yang instagramable tersebut. "Sangat cantik, menyenangkan bisa berada di sini," kata Khofifah, Rabu (24/4/2019).

Didampingi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, gubernur perempuan pertama Jatim itu betah berlama-lama.  Setelah menikmati aneka varian durian dan berbagai buah-buahan, Khofifah menelusuri tiap sudut taman.
Khofifah berfoto di tengah taman bunga celosia yang berwarna-warni. "Ini indah sekali bunganya. Tidak kalah dengan bunga tulip," kata ketua PP Muslimat tersebut.

Khofifah mengatakan, dirinya pernah melihat pameran bunga di berbagai daerah di Indonesia. Namun menurutnya, Agro Expo Banyuwangi yang paling indah.  "Saya telah melihat banyak pameran bunga dengan biaya yang besar. Tapi di sini sangat indah dengan biaya yang tidak besar," katanya.

Bahkan Khofifah memesan secara khusus pada Dinas Pertanian Banyuwangi, untuk dibuatkan bergola dengan ditanami buah labu golden mama. "Saya minta dong dibuatkan seperti ini (bergola golden mama) di Grahadi,"ucap Khofifah.

Agro Expo akan digelar 25 April hingga 1 Mei 2019 dengan menampilkan kekayaan pertanian lokal yang menjadi atraksi menarik. Agro Expo memadukan pengembangan inovasi pertanian modern, edukasi sekaligus jadi destinasi wisata bagi masyarakat.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, Agro Expo 2019 memberikan suasana berbeda karena digelar di lokasi baru seluas 10,6 hektar yang berada di kawasan lereng Gunung Ijen Kecamatan Licin. Sebelumnya Agro expo di gelar di areal persawahan di tengah kota.

"Kami ingin kegiatan agro expo ini bisa berkelanjutan menjadi destinasi pariwisata baru daerah. Makanya kita pindah agak ke atas di sekitar Lereng Ijen yang lokasinya lebih memadai. Lokasi baru ini cukup luas dan menawarkan pemandangan yang indah khas pegunungan. Bahkan kota Banyuwangi dan selat Bali juga terlihat, sangat pas untuk berwisata,” kata Anas.

Agro Expo yang mengangkat tema creative agriculture ini, juga dipastikan tampil dengan lebih menarik. Beragam aneka tanaman pertanian unggulan daerah mulai hortikultura, tanaman pangan, perkebunan hingga peternakan dan semua produk olahannya di tampilkan di ajang ini.

Aneka tanaman dan buah eksotis asal Banyuwangi juga turut dipamerkan dalam expo tersebut. Mulai dari padi hitam, durian merah, nangka merah dan semangka merah dan kuning non biji. Juga ada hamparan bunga-bunga cantik warna warni yang menjadi spot selfie instagrammable.

"Semua tanaman di lahan agro expo ini ditanam dari bibit hingga tumbuh besar bahkan berbuah sejak tiga bulan terakhir," tambah Anas.

Lahan yang digunakan agro expo tahun ini adalah lahan pertanian yang sudah disklimaks atau tidak produktif lagi. Namun dengan diolah secara tepat dalam waktu tiga bulan lahan bisa kembali subur dan menjadi media subur bagi tumbuhnya aneka tanaman.

“Kami membuat sawah baru seluas 1500 meter persegi yang tumbuh subur. Masyarakat yang tertarik bisa belajar langsung kepada tim kami,” ujarnya.

Penulis: Haorrahman
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved