Citizen Reporter

CITIZEN REPORTER - Ibu Hamil Berpuasa? Ini Tips dari Praktisi Kesehatan Ibu dan Anak

Meskipun bumil tidak diharuskan untuk puasa saat hamil. Namun, pastinya ibu hamil tetap ingin menunaikan ibadah puasa dan menjalankan pelbagai ibadah

CITIZEN REPORTER - Ibu Hamil Berpuasa? Ini Tips dari Praktisi Kesehatan Ibu dan Anak
Pregnancy Baby
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM  - Bagi ibu hamil (bumil) tak usah khawatir untuk tetap menjalankan aktivitas ibadah selama bulan Ramadhan. Meskipun bumil tidak diharuskan untuk puasa saat hamil. Namun, pastinya ibu hamil tetap ingin menunaikan ibadah puasa dan menjalankan pelbagai ibadah Ramadhan yang penuh keberkahan ini.

Praktisi kesehatan ibu dan anak dari Malang, Novi Maharani, mengatakan, selama bumil telah melakukan pemeriksaan dan dokter menyatakan sehat, maka bumil diperbolehkan menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Bidan yang belasan tahun bekerja ini lantas memberikan tips dan trik khusus bumil selama menjalani puasa di bulan Ramadan.

Praktisi kesehatan ibu dan anak dari Malang, Novi Maharani (adi h)
Praktisi kesehatan ibu dan anak dari Malang, Novi Maharani (adi h) (adi h)

Pertama, menjalankan puasa saat hamil di bulan Ramadhan dengan niat dan ikhlas, agar puasa sehat ini bisa dijalankan tanpa tekanan dan enjoy. Kedua, berikan porsi istirahat yang cukup, tidak harus tidur, mungkin dengan rebahan sambil mendengarkan musik kesukaan atau membaca buku dengan santai juga bisa menjadi cara istirahat sambil ngabuburit.

Ketiga, kurangi aktivitas berat dan hindarkan pikiran yang berat agar bumil tidak sampai kecapekan dan mengalami stress. Keempat, jangan marah, sebab puasa kan untuk menahan nafsu termasuk marah. Orang puasa biasanya memang mudah tersulut emosi, tetapi jika Anda marah, bukankah puasanya juga batal.

“Jika selama menjalankan puasa saat hamil selama Ramadhan ini bumil mengalami hal-hal diantaranya, diare disertai perut mulas yang melilit, muntah hingga lebih dari 3 kali, mimisan karena pecahnya pembuluh darah, lemas, pusing disertai mata berkunang-kunang, dan keringat dingin sebaiknya batalkan puasa,” terang Novi di Malang, Rabu (15/05).

Pengagum vokalis kondang Jon Bon Jovi ini lantas memberikan tips bumil untuk menu buka puasa sehat selama Ramadhan.

Novi menyarankan bumil mengawali berbuka dengan minuman manis dan hangat untuk membantu meningkatkan kadar gula darah. Meski demikian, perlu diingat bahwa bumil tetap harus membatasi asupan makanan dan minuman yang manis agar tidak terjadi diabetes selama kehamilan.

“Hindari juga minuman dingin karena minuman dingin dapat mengganggu kerja lambung,” ujarnya.

Tips kedua, pilih asupan menu makanan dengan kandungan karbohidrat simpleks sehingga lebih mudah diserap tubuh. Menu yang mengandung karbohidrat simpleks ini dapat bumil dapatkan dari kolak dan kurma. Bumil yang memiliki asam lambung tinggi atau GERD sebaiknya menghindari kolak.

Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved