Kabar Tulungagung

Tiga Pasar Besar Di Tulungagung Menjadi Target Bulog Gelar Operasi Stabilisasi Harga Bawang Putih

Bulog Sub Divre 5 Tulungagung melakukan operasi pasar komoditi bawang putih di tiga pasar besar di Kabupaten Tulungagung.

Tiga Pasar Besar Di Tulungagung Menjadi Target Bulog Gelar Operasi Stabilisasi Harga Bawang Putih
suryamalang.com/David Yohanes
Operasi pasar bawang putih di Tulungagung oleh Bulog 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Bulog Sub Divre 5 Tulungagung melakukan operasi pasar komoditi bawang putih di tiga pasar besar di Kabupaten Tulungagung. Tiga pasar yang disasar secara bergantian adalah Pasar Ngemplak Kecamatan Tulungagung, Pasar Ngunut dan Pasar Bandung.

Dalam operasi pasar yang dilaksanakan Jumat (17/5/2019), bawang putih menjadi komoditi yang tidak lazim masuk dalam operasi pasar. Selain bawang putih, komoditi lain yang masuk dalam sasaran operasi pasar adalah gula dan beras.

“Dari pantauan, tiga komoditi itu yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Waka Bulog Sub Divre 5 Tulungagung, Eri Nurul Hilal.

Menurut Eri, bawang putih menjadi komoditi yang paling diminati, karena harga di pasaran saat ini masih tinggi. Dari pantauan di Pasar Ngemplak, satu kilogram bawang putih dijual Rp 32.000. Sedangkan dalam operasi pasar ini, Bulog menjual bawang putih Rp 25.000 per kilogram.

“Kegiatan ini untuk stabilisasi harga bawang putih. Kami hadir untuk merespon kenaikan harga bawang putih saat ini,” ujar Eri.

Eri berharap, harga bawang putih bisa terus turun. Untuk antisipasi selama puasa dan lebaran, Bulog Sub Divre 5 Tulungagung mempersiapkan stok hingga 1 ton. Namun karena tingginya permintaan, sebanyak 700 kiligram di antaranya sudah terjual. “Sisa 300 kilogram akan disiagakan untuk operasi pasar,” sambung Eri.

Operasi pasar akan terus dilakukan, hingga mencapai target harga bawang putih Rp 25.000 per kilogram. Dalam operasi pasar ini, gula pasir dijual Rp 11.500 per kilogram. Sementara harga di pasaran Rp 12.000 hingga Rp 13.000 per kilogram. Sementara beras premium stabil di harga R 10.500 per kilogram.

Bulog Sub Divre 5 Tulungagung menyiagakan gula pasir sebanyak 7 ton untuk operasi pasar. Lima ton di antaranya sudah terjual, sehingga tersisa 2 ton. Sedangkan beras disiagakan sebanyak 15 ton, dan sudah terjual 7 ton.

Seorang pembeli di Pasar Ngemplak, Khoirun mengungkapkan, kenaikan bawang putih terjadi sejak minggu pertama puasa. Saat itu harganya mencapai Rp 38.000 per kilogram. Namun harga mulai turun di kisaran Rp 30.000 per kilogram.

“Beli di operasi pasar lebih menguntungkan, karena harganya jauh lebih murah. Selisihnya sangat banyak," ucap Khoirun yang membeli 20 kilogram bawang putih

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved