Malang Raya

Alun-alun Kota Malang Kini Makin Gaya, Punya Track Khusus Buat Gowes

“Harapannya, pengunjung yang membawa sepeda bisa keliling melihat taman Alun-alun Merdeka lewat jalur sepeda..."

Alun-alun Kota Malang Kini Makin Gaya, Punya Track Khusus Buat Gowes
www.huckfinncroatia.com
Di luar negeri, track bersepeda jadi syarat mutlak taman kota. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Warga Kota malang kini punya pilihan menikmati Alun-alun Merdeka Kota Malang, yang baru selesai direnovasi.

Alun-alun, kini dilengkapi track sepeda, sehingga mirip seperti taman-taman kota yang ada di luar negeri.

“Kami ingin memberikan kenyamanan bagi pengguna sepeda dengan membuatkan jalur sepeda. Sebagai uji coba, kami membuatkan jalur sepeda di seputaran Alun-alun Merdeka sampai wilayah Talun,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Handi Priyanto, Senin (11/5/2015).

Dishub membuat marka berwarna hijau di jalan seputaran Alun-alun Merdeka, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Kauman.

Marka hijau itu sebagai pembatas untuk jalur sepeda. Luas jalur sepeda sekitar dua meter. Marka jalur sepeda itu berada di sisi kanan.

“Setelah uji coba jalur sepeda di Alun-alun Merdeka selesai, kami akan membuat jalur sepeda di lokasi lain. Rencananya, kami akan membuat jalur sepeda di Jl Ijen,” ujarnya.

Handi sengaja memilih membuat jalur sepeda di seputaran Alun-alun Merdeka untuk menambah fasilitas umum di alun-alun tersebut.

Menurutnya, sekarang taman di Alun-alun Merdeka sudah selesai di renovasi. Untuk mendukung fasilitas umum bagi pengunjung, Dishub membuatkan jalur sepeda di kawasan itu.

“Harapannya, pengunjung yang membawa sepeda bisa keliling melihat taman Alun-alun Merdeka lewat jalur sepeda. Dengan jalur itu, mereka bisa nyaman berkendara sepeda di lokasi,” katanya.

Perlu diketahui, rencana penyediaan jalur sepeda di Kota Malang sudah ada sejak tahun 2014. Dari dokumen Penyusunan Rencana Induk Jalur Sepeda Kota Malang tahun 2014-2015 yang diunduh dari situs resmi Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), dicantumkan beberapa daerah yang akan menjadi kawasan jalur sepeda.

Kawasan tersebut antara lain, Jl Soekarno Hatta, Jl Veteran, Jl Piranha, Kawasan Balai Kota, Jl Kawi, Jl Semeru, Jl Surabaya, Kawasan Lapangan Rampal, Jl Jaksa Agung Suprapto, Kawasan Blimbing, Kawasan Dieng, Kawasan Pasar Induk Gadang, Kawasan Industri Sukun, Kawasan Kanjuruhan dan Kawasan Industri Bandulan. ( Samsul Hadi )

Editor: Aji Bramastra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved