Malang Raya

Ditelepon Ayah Sakit dan di Rumah Sakit, Mahasiswa Tertipu Rp 3,2 Juta

Sorahmat diminta sang penelepon lelaki tadi untuk mengirim uang. Jumlahnya besar, yaitu Rp 10 juta.

Ditelepon Ayah Sakit dan di Rumah Sakit, Mahasiswa Tertipu Rp 3,2 Juta
thisismoney.co.uk
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Hati-hati jika menerima telepon dari orang dan nomor yang belum dikenal. Apalagi, penelpon meminta uang.

Itulah yang terjadi pada diri Sorahmat (23), seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta asal Bojonegoro. Dia jadi korban penipuan dengan menggunakan media telepon.

Kepada polisi, Sorahmat mengaku kejadian itu berlangsung, pada Selasa (19/5/2015). Saat itu, ia hendak berangkat kuliah.

Kala itu, ia ditelepon seseorang, lalu diberitahu bahwa kondisi ayahnya sedang sakit keras, dan harus dirawat di rumah sakit. Sorahmat lalu diminta sang penelepon lelaki tadi untuk mengirim uang. Jumlahnya sangat besar, yaitu Rp 10 juta.

"Korban ini percaya karena orang tuanya sering keluar masuk rumah sakit," kata seorang penyidik polisi.

Sorahmat lalu mendatangi atm BTN di jalan Ade Irma Suryani. Di sini, ia mengirim uang sebesar Rp 3,2 juta pada sang penelepon. Ia mengirim uang yang lebih sedikit karena jumlah saldonya juga tak sebanyak permintaan penelepon misterius tadi.

Setelah uang terkirim, Sorahmat pun berangkat kuliah. Ia belum terpikir untuk menelepon orangtuanya, hingga siang harinya. Saat itu ia iseng menelepon ayahnya, lalu diberitahu bahwa kondisi ayahnya sehat. Sorahmat pun kaget.

Korban lalu mendatangi Polresta Malang melaporkan kasus penipuan yang ia alami.

Kasubag Humas Polresta Malang AKP Nunung Anggraeini menghimbau, warga harus hati-hati, dan jangan mudah percaya dengan penelopon gelap, atau yang nomornya tak tersimpan di telepon.

Jika penelepon tadi juga meminta uang, Nunung meminta agar uang tersebut tak diberikan.

"Jika telpon itu diduga penipuan sebaiknya langsung lapor ke kami," kata Nunung.

(Adrianus Adhi)

Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved