Malang Raya

Calon Siswa SMP dan SMA Mulai Serbu Pendaftaran Sekolah di Batu

Untuk siswa yang tinggal di Kota Batu otomatis akan mendapatkan tambahan skor 2. Sedangkan bagi siswa dari luar kota tidak mendapatkan tambahan skor.

Calon Siswa SMP dan SMA Mulai Serbu Pendaftaran Sekolah di Batu
Tribunnews.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BATU - Calon siswa baru sejak Rabu (1/7/2015) mulai memasukan formulir pendaftaran beserta persyaratan ke panitia di masing-masing Sekolah Negeri yang ada di Kota Batu.

Mulai tahun ini, penerimaan peserta didik baru (PPBD) di Kota Batu menggunakan sistem online.

Ketua PPBD SMAN 1 Kota Batu, Sutejo mengatakan,, pada hari pertama ada sekitar 400 calon siswa baru yang sudah memasukan formulir pendaftaran.

Berkasnya berupa fotokopy Nilai Ujian Nasional (NUN), fotokopy Kartu Keluarga (KK) dan fotokopy surat keterangan lulus (SKL) dari sekolahnya masing-masing siswa.

"Kami disini hanya menghimpun data dari pendaftar. Nanti nilai siswa diolah di kantor Dinas Pendidikan Kota Batu," kata Sutejo, Kamis (2/7/2015)..

Dijelaskan Sutejo, untuk siswa yang tinggal di Kota Batu otomatis akan mendapatkan tambahan skor 2. Sedangkan bagi siswa dari luar kota tidak mendapatkan tambahan skor.

"Dalam PPDB Online tidak ada ujian masuk, biaya pendaftaran juga gratis. Rangking NUN yang masuk ke Panitia sudah bisa dilihat di internet besuk pagi," ucap Sutejo.

Untuk tahun ini, menurut Sutejo, pagu SMAN 1 Kota Batu hanya 308 siswa untuk 11 kelas. Tapi soal pagu dan rombongan belajar masih akan ditata lagi oleh Dinas Pendidikan Kota Batu.

Dikatakan Sutejo, sebelum masuk tahun ajaran baru 27 Juli, siswa yang diterima di SMAN 1 Kota Batu wajib mengikuti ujian penjurusan. Tujuannya untuk mengetahui minat bakat siswa. Apakah siswa sesuai dibidang IPA, IPS atau Bahasa.

"Pelaksanaan ujian penjurusan sendiri akan dilakukan pada tanggal 11, 12 dan 14 Juli nanti," papar Sutejo.

Sementara itu, para siswa tamatan SD dan MI dari dalam dan luar Kota Batu juga mulai memasukan formulir pendaftaran kemeja panitia PPDB di sejumlah SMP Negeri di Kota Batu.

Kepala SMPN 1 Kota Batu Bambang Wahyudi mengatakan, pagu siswa SMPN 1 Kota Batu hanya 300 siswa. Yaitu untuk sembilan kelas reguler dan satu kelas olah raga. Bagi pendaftar dari luar Kota Batu diwajibkan mengikuti ujian Bahasa Inggris yang dilaksanakan tanggal 3 Juli.

"Untuk penerimaan siswa dari luar Kota Batu di batasi 5 persen. Hal ini sesuai petunjuk dari Dinas Pendidikan Kota Batu. Dan untuk pengumuman penerimaan siswa baru dilakukan secara online dilaksanakan pada 8 Juli mendatang," tutur Bambang Wahyudi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved