Malang Raya

Safari Ramadan, Abah Anton-Pemkot Bantu Masjid Al Mukhlisin Rp 50 Juta

Masjid Al Mukhlisin di jalan Kaliurang 24, Kelurahan/Kecamatan Lowokwaru menjadi tujuan Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kelima

Safari Ramadan, Abah Anton-Pemkot Bantu Masjid Al Mukhlisin Rp 50 Juta
SURYAMALANG.COM/Sulvi Sofiana
Pemberian simbolis bantuan safari Ramadan oleh Abah Anton kepada Takmir Masjid Al Muskhlisin, Kamis (2/7/2015). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Masjid Al Mukhlisin di jalan Kaliurang 24, Kelurahan/Kecamatan Lowokwaru menjadi tujuan Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kelima, Kamis (2/6/2014).

Safari Ramadan ini dihadiri Wali Kota Malang, M. Anton, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Aria Yudha Setiawan, sejumlah kepala SKPD dan lurah-lurah di Kecamatan Lowokwaru.

Kedatangan Abah Anton -sapaan akrab M Anton- disambut dengan pemberian surban dari takmir masjid, Muhammad Yasid, Kamis (2/7/2015).

Tanpa membuang waktu, rombongan Abah Anton langsung mengambil wudhu dan melakukan shalat isyak dan tarawih berjamaah. Acara ramah tamah mewarnai usainya shalat tarawih, dengan adanya berbagai sambutan dan penyerahan bantuan dana sebesar Rp 25 juta oleh Abah Anton, dan dana pribadi Abah Anton sebesar 25 juta.

Masjid yang berlantai tiga ini terakhir kali mendapat bantuan dari Pemkot Malang pada 1978. Dengan bantuan dari pemkot ini diharapkan dapat digunakan merenovasi ruangan di lantai 3 yang digunakan sebagai kantor takmir dan TPQ.

"Inginnya digunakan untuk merapikan lantai tiga dan memasang sekat kaca. Kami merencanakan anggaran Rp 43 juta, tapi kalau dibantu Rp 25 juta kami juga sudah sangat bersyukur," kata Yasid, yang juga pensiunan pegawai pemerintah Kabupaten Malang ini.

Ia mengaku, pendanaan operasional masjid selama ini berasal dari jamaah masjid. Untuk itu, akan dilaksanakan program jamaah memakmurkan masjid dan sebaliknya.

"Niatnya akan dibangun semacam koperasi simpan pinjam syariah dari uang tabungan pokok anggota sebesar Rp 100 ribu dan tiap bulan membayar iuran Rp 5 ribu, sekarang sudah ada 114 anggota yang bisa meminjamkan sekitar Rp 2,5 juta setiap bulannya," paparnya.

Dalam kesempatan pertemuan jemaah masjid ini dengan Abah Anton. Yasid menceritakan, sampai saat ini ada jemaahnya yang berterima kasih atas pemberian hadiah umroh yang diberikan Abah (Anton).

"Dari dulu ingin mengucapkan terima kasih langsung tapi belum bisa, sekarang Alhamdulillah bisa bertemu dan berterima kasih langsung dengan Abah Anton," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: sulvi sofiana
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved