Malang Raya

Ingin Bangun Trowongan ke Stasiun, Abah Anton Gantungkan Dana Pusat

Pembangunan terowongan itu untuk mengurai kemacetan di depan Stasiun Kota Malang. Selain itu, Pemkot Malang juga akan memberikan stan untuk UMKM

Ingin Bangun Trowongan ke Stasiun, Abah Anton Gantungkan Dana Pusat
Google
Lorong yang ada di Stadiun Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tetap ngotot ingin membangun terowongan di Jalan Trunojoyo atau di depan Stasiun Kota Malang.

Sekarang, Pemkot Malang sedang melakukan kajian pembangunan terowongan yang menghubungkan Stasiun Kota Malang dengan Taman Trunojoyo.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Wasto mengatakan, Pemkot Malang sudah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan kajian pembangunan terowongan di kawasan itu di PAK APBD 2015.

Ia menargetkan pelaksanaan kajian akan selesai akhir 2015 ini.

"Masih melakukan kajian, anggarannya baru diusulkan di PAK ini," kata Wasto, Jumat (21/8/2015).

Dikatakannya, hasil kajian itu untuk menentukan pembuatan detail engineering design (DED) pembangunan terowongan di Jalan Trunojoyo. Pelaksanaan kajian itu juga untuk menentukan titik pembangunan terowongan di lokasi.

"Setelah kajian baru pembuatan DED. Pembuatan DED akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU)," ujarnya.

Wali Kota Malang, M Anton mengatakan soal anggaran pembangunan terowongan akan diusulkan ke pemerintah pusat. Tetapi, kalau menggunakan dana dari pemerintah pusat, pembangunan terowongan harus selesai dalam waktu satu tahun.

"Kalau memakai dana APBD tidak cukup. Kalau dianggarkan multi years, waktunya yang sudah tidak nutut," kata Anton.

Selain mengusulkan dana ke pemerintah pusat, kata Anton, Pemkot Malang juga masih mencari CSR perusahaan yang mau membangun terowongan di Jalan Trunojoyo.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved