Malang Raya

Luar Biasa, Siswa SMA Mahir Tulis Buku Motivasi

Setelah tulisan mereka diedit oleh guru Sosiologi, mereka menentukan nama buku dan sampul buku juga dibuat dari desain teman divkelas mereka.

Luar Biasa, Siswa SMA Mahir Tulis Buku Motivasi
SURYAMALANG.COM/Sulvi Sofiana
Dari kanan, Wenni Gilliani. (17),Pengajar Sosiologi SMAK Santa Maria, Kukuh Widijatmoko, Timotius Dery (17), dan Michael Wihardja (17) mmbawa buku kumpulan cita-cita temannya yang dicetak khusus untuk siswa kelas XII Ilmu Sosial SMAK Santa Maria, Sabtu (24/10/2015) 

SURYAMALANG.COM,  KLOJEN - Nyanyian lagu-lagu pop mengalun dari bibir siswa kelas XII di SMA Katolik Santa Maria, Timotius Dery (17).

Dengan seragam pramukanya, ia tampak menikmati setiap lagu yang ia alunkan, seolah ia akan mendalami dunia musik saat dewasa. Tetapi, hal berbeda dipaparkan oleh Dery, sapaan akrabnya.

“Saya mau jadi wartawan,” tegas lelaki kelahiran Malang, 17 Juli 1998 saat ditemui Surya di sela jam pelajaran, Sabtu (24/10/2015).

Seperti pada tulisan yang ia tuangkan dalam buku ‘Habis Galau Terbitlah Tulisan’, buku kumpulan tulisan cita-citanya dan 31 teman kelasnya yang berada di XII IS 4. Tulisan cita-ita ini merupakan tugas mereka untuk pelajaran Sosiologi.

Dery menjelaskan tak kesulitan dalam menuliskan cita-citanya. Karena sejak ia menonton film drama korea yang menceritakan kehidupan jurnalis, lelaki yang tinggal di area Bukit Dieng ini sudah sangat yakin ingin menjadi wartawan.

“Cara nyari beritanya menarik, dan meskipun susah payah untuk dapat berita. Tetapi disitu tantangannya, kerja nggak monoton dan bisa bertemu serta bersosialisasi dengan bermacam-macam orang,” ungkapnya.

Anak pertama dari 3 bersaudara ini awalnya hanya berkeiginan saja tanpa ada rencana. Namun, sejak diberi tugas untuk membuat tulisan tentang cita-cita, ia jadi merencanakan program pendidikan lanjutannya.

“Saya mau kuliah di Fakultas Hukum, biar ilmunya beragam,” ungkap vokalis band di sekolah ini.

Tugas menulis yang telah diterapkan dalam pelajaran sosiologi sejak kelas XI telah melatihnya untuk bisa menuangkan pikirannya ke dalam kata-kata. Meskipun ia jugamembutuhkan waktu 2 minggu untuk menyelesaikn karangannya.

“Saya menulis sekitar 600 kata. Pengalaman di jurnalistik saya masih sedikit, makanya masih perlu banyak cari pengalaman juga,” terang Dery.

Halaman
1234
Penulis: sulvi sofiana
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved