Breaking News:

Malang Raya

Ini Usulan Upah Minimum Kota Batu Tahun 2016

"Untuk penetapan besaran UMK Kota Batu tahun 2016 ada di tangan Gubernur Jawa Timur. Apakah besarannya sama seperti usulan atau tidak nantinya,"

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: fatkhulalami
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Para pengusaha di Kota Batu menanda tangani usulan besaran UMK tahun 2016, Rabu (4/11/2015). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pemkot Batu melakukan kesepatan usulan Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2016 dengan 50 pengusaha.

Ini setelah usulan besaran UMK Kota Batu yang dibahas bersama pengusaha dan perwakilan pekerja disepakati sebesar Rp 2.025.955. Usulan UMK tersebut mengalami kenaikan Rp 208.955 dari UMK tahun 2015 sebesar Rp 1.817.000.

Kepala Dinsosnaker Pemkot Batu, Eko Suhartono mengatakan, usulan UMK Kota Batu tahun 2016 yang telah disepakati semua pihak terkait akan segera disampaikan ke Wali Kota Batu.

Selanjutnya setelah disetujui Wali Kota Batu dan ditandangani akan dikirim ke Gubernur Jawa Timur.

"Untuk penetapan besaran UMK Kota Batu tahun 2016 ada di tangan Gubernur Jawa Timur. Apakah besarannya sama seperti usulan atau tidak nantinya kami belum tahu," kata Eko Suhartono usai penanda tanganan usulan UMK Kota Batu 2016, Rabu (4/11/2015).

Dijelaskan Eko Suhartono, besaran usulan UMK tahun 2016 Kota Batu tersebut sesuai Peraturan Pemerintah dihitung berdasarkan besaran UMK plus inflasi plus pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian penghitungan kenaikan UMK tidak lagi berdasarkan pada Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

"Dan kami bersyukur, baik pengusaha dan perwakilan pekerja bisa menyepakati besaran usulan UMK 2016 itu, sehingga tidak ada kendala soal usulan UMK tersebut," ucap Eko Suhartono yang menambahkan untuk tahun 2015 tidak ada usulan penangguhan UMK dari pengusaha di Kota Batu.

Sementara salah satu pengusaha perhotelan di Kota Batu, Irawan mengatakan, usulan UMK tersebut dirasa sudah sesuai dengan harapan pengusaha.

Meskipun dari kalangan pengusaha masih mencoba mempertanyakan kalkulasi UMK terkait biaya tunjangan lain yang diterima pekerja.

"Tapi atas pertanyaan itu sudah ada pemecahan yakni biaya tambahan sudah masuk dalam perkiraan kalkulasi usulan UMK. Makanya kami bisa menerima usulan UMK tersebut," tutur Irawan yang juga pengurus PHRI Kota Batu tersebu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved