Otomotif

Gimana Sih Jas Hujan yang Paling Nyaman di Indonesia? Nih Tips dari Ahlinya

Karakteristik PVC cukup kedap dan berat, ini bisa bikin pengendara cepat merasa lelah saat...

Gimana Sih Jas Hujan yang Paling Nyaman di Indonesia? Nih Tips dari Ahlinya
kompas.com
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM - Musim Hujan sudah mulai datang mendekati akhir tahun. Seperti biasa, bagi pengendara motor akan mulai mencari jas hujan untuk digunakan sebagai tameng berkendara.

Nah, bagi biker yang baru berniat untuk membeli jas hujan, Otomania punya beberapa tips khusus dalam memilih model, bahan, sampai warna yang baik saat digunakanan selama Musim Hujan.

Jas hujan yang baik ada kriterianya. Seperti dijelaskan Teddy Suryadi, Marketing Communication and Community Development PT Sinergi Ventura Pratama, pemegang merek Respiro.

"Secara pakem memang belum ada ketentuan model mana yang baik, semua masih berdasarkan pengalaman. Tapi untuk biker yang baru mau mencari atau membeli jas hujan, usahkan cari bahan yang ringan, karena akan lebih nyaman digunakan," ucap Teddy kepada Otomania, Kamis (12/11/2015).

Material umum pada jas hujan adalah polyvinyl chloride (PVC), bahan ini memang kedap air ketimbang bahan plastik lainnya. Tapi bila menggunakan yang material full PVC memiliki bobot yang cukup berat sehingga membuat pengendara yang cepat lelah.

"Di Indonesia orang menggunakan jas hujan rata-rata di lapis keempat, setelah kaus dalam, baju dan jaket. Karakteristik PVC cukup kedap dan berat, ini bisa bikin pengendara cepat merasa lelah saat berkendara tanpa disadari. Efeknya yang kedua pengendara juga akan cepat dehidrasi, belum lagi bila sudah merasa panas dan keringat pasti sudah tidak akan nyaman," ujar Teddy.

Lebih lanjut, ia menyarankan untuk mencari bahan yang tidak full PVC dan memiliki lapisan dalam atau inner untuk mencegah keringat langsung melekat pada jas hujan. Untuk tipe sendiri pilih yang nyaman dan tidak menggangu ergonomis saat berkendara, seperti model setelan (atas-bawah).

"Model ponco bukannya tidak bagus, tapi memang kurang nyaman saat digunakan berkendara. Apalagi seperti di Jakarta yang memiliki tingkat kemacetan tinggi meski sedang hujan. Bahan yang panjang bisa membuat model ponco berisiko bukan hanya untuk diri sendiri tapi pengendara lainnya," tegas Teddy.

Terakhir tentang pemilihan warna. Meski terkesan mencolok, tapi Teddy menyarankan memilih warna jas hujan dengan warna cerah dan bisa memantulkan cahaya seperti bahan 3M. Hal ini berguna untuk memudahkan pengendara lain melihat kita yang sedang berkendara dalam kondisi diguyur hujan lebat atau malam hari. (*)

Editor: Aji Bramastra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved