Breaking News:

Malang Raya

Kemenag Batu Sosialisasi Keterbukaan Informasi

Selama ini Kementerian Agama merasa masih kurang maksimal dalam memberikan berbagai informasi kepada masyarakat atas berbagai kebijakan dan kegiatan.

SURYAMALANG.COM/Achmad Amru Muiz
Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Jamal (pegang mic) saat sosialisasi penerapan UU keterbukaan informasi publik kepada para aparatur Kemenag dan media masa, Kamis (3/12/2013). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kantor Kementerian Agama Kota Batu menggelar sosialisasi keterbukaan informasi. Hal itu dilakukan sebagai implementasi UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik khususnya di Kementerian Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu, Jamal mengatakan, selama ini Kementerian Agama merasa masih kurang maksimal dalam memberikan berbagai informasi kepada masyarakat atas berbagai kebijakan dan kegiatan. Hal itu selain disebabkan oleh belum maksimalnya pemahaman tentang publikasi juga masih adanya keengganan dari aparatur Kemenag untuk bersedia dipublikasi.

"Untuk itu, melalui sosialisasi UU keterbukaan informasi publik ini maka akan bisa memberi pencerahan bagi aparatur Kemenag dalam menyampaikan kebijakan dan informasi penting bagi masyarakat," kata Jamal dalam sosialisasi keterbukaan informasi publik Kantor Kemenag Kota Batu, Kamis (3/12/2015).

Dijelaskan Jamal, dalam memasuki teknologi modern sekarang ini pergerakan informasi yang sampai kepada masyarakat sangat cepat. Dalam hitungan detik berbagai informasi sudah sampai ke masyarakat.

Oleh karena itu, menurut Jamal, aparatur Kemenag harus mampu mengimbangi kecepatan informasi tersebut dengan pemahaman dan pengetahuan manajemen publikasi.

Aparatur Kemenag tidak perlu lagi khawatir dan takut bila menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat. Karena bagaimanapun, bila informasi yang sampai ke masyarakat tidak benar tanpa ada pembenar maka akan bisa menimbulkan persoalan.

"Itulah mengapa kami merasa informasi publik ini sangat penting dewasa ini," ujar Jamal.

Dicontohkan Jamal seperti soal informasi pelaksanaan ibadah haji di Kota Batu. Keluarga dari para jamaah haji pasti membutuhkan informasi yang benar dari Kemenag bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dan aparatur Kemenag harus bisa dengan cepat tanggap dengan menyediakan bahan informasi yang dibutuhkan para keluarga jamaah haji itu dengan benar.

"Makanya, aparatur Kemenag dituntut untuk jeli dan mampu menguasai manajemen publikasi sehingga tidak lagi canggung bila menyampaikan informasi yang benar dan valid," tutur Jamal.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved