Malang Raya

Kota Malang Punya Pusat Industri Digital, Seperti Apa?

"Produk unggulannya nanti berupa animasi, game development, videografi, dan sejenisnya. Asal tahu saja, Kota Malang punya potensi yang besar itu,"

Kota Malang Punya Pusat Industri Digital, Seperti Apa?
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Sejumlah animator berdiskusi pembuatan animasi di ruang Pusat Pengembangan Industri Kreatif Digital Kota Malang usai acara peresmian di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Selasa (22/12/2015). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pusat Industri Kreatif di Kota Malang diresmikan, Selasa (22/12). Ruang bagian belakang perpusatakaan Kota Malang akan menjadi techopark, alias markas utama, komonitas tersebut.

Tempat itu sekaligus menjadi wadah bagi pelaku dan penikmat industri digital dalam menyampaikan dan melihat karya-karya.

"Produk unggulannya nanti berupa animasi, game development, videografi, dan sejenisnya. Asal tahu saja, Kota Malang punya potensi yang besar untuk itu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Tri Widyani di sela peresmian.

Nantinya, technopark bakal menjadi wadah tak hanya khusus warga Malang, namun juga warga lain. Menurut wanita yang akrab disapa Yani itu, pembentukan technopark berasal dari sinergi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah. Pemkot Malang hanya menyediakan tempat. Sementara sarana-prasarana disumbang oleh Kementrian Perindustrian.

"Hardware dan software yang ada didalamnya juga hasil sharing antara kementrian dan badan ekonomi kreatif nasional," ungkap dia.

Jam operasi technopark akan disesuaikan dengan kondisi. Sebab, tempat itu nantinya akan diserahkan pada perkumpulan komunitas yang bergabung. "Kami serahkan ke koordinatornya nanti," tuturnya.

Pengenjotan industri kreatif dinilai penting buat mempersiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai beberapa waktu lagi. Yani menyebut, Kota Malang harus siap agar tak hanya menjadi penonton dalam ageda akbar itu. Kota Malang akan mengandalkan industri kreatif digital sebagai pelengkap industri Usaha Kecil Menengah (UKM) yang juga mulai dipersiapkan.

Ia mencontohkan, produk animasi buatan warga malang bisa terkenal hingga tingkat nasional.

"Ada itu, Wahyu Aditya, pemilik Hello Motion. Nanti dia juga akan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Wali Kota Malang M Anton, dalam acara yang sama mengatakan, pengaruh warga Kota Malang sebagai komunitas sangat besar. Itu ia lihat dari kuatnya perkumpulan Aremania, sebutan pengemar tim sepak bola Arema,. di daerah lain, termasuk juga di luar negeri.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved