Breaking News:

Kediri

Lama Mangkrak, Rusunawa Kota Kediri Difungsikan

Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Dandangan, Kota Kediri dalam beberapa bulan ke depan mulai difungsikan.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: fatkhulalami
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Rusunawa Dandangan meski sudah selesai pembangunannya masih belum difungsikan, Kamis (7/1/2016). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Dandangan, Kota Kediri dalam beberapa bulan ke depan mulai difungsikan. Penghuni Rusunawa bakal diprioritaskan untuk warga kurang mampu.

"Prioritasnya memang untuk warga miskin dengan jumlah keluarga 4 orang. Diutamakan bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi Rusunawa," jelas Drs Apip, Kabag Humas Pemkot Kediri kepada Surya, Kamis (7/1/2016).

Dijelaskan Apip, Pemkot Kediri memilih model skema obat nyamuk untuk menentukan warga yang boleh menempati. Sehingga warga yang tinggal di sekitar Kelurahan Dandangan yang dapat prioritas pertama.
Di antaranya warga dari Kelurahan Semampir, Ngadirejo dan Baluwerti.

Perda yang mengatur tarif sewa Rusunawa juga telah ditetapkan sesuai dengan lokasi lantainya.
Tarif termurah Rp 100.000 per bulan untuk lantai paling atas. Sedangkan untuk lantai 1 - 3 tarifnya Rp 120.000 per bulan.

Saat ini masih menunggu penyambungan jaringan pipa PDAM ke setiap rumah. Sedangkan jaringan listrik segera disambungkan ke masing-masing ruangan.

Rencananya untuk pemasangan jaringan PDAM bakal mendapatkan bantuan anggaran dari Pemprov Jatim. Khusus untuk Rusunawa Dandangan bakal dibuatkan sumur pompa sendiri.

Karena jika mengandalkankan jaringan pipa PDAM yang ada saat ini, airnya tidak akan tersalur sampai lantai atas.

"Bangunan 4 lantai ini butuh jaringan dari sumur pompa," tambahnya.

Sebelum difungsikan, seluruh kebutuhan untuk fasilitas umum (fasum) Rusunawa akan dilengkapi. Anggaran untuk pembenahan fasum ini telah disiapkan pada 2016. Namun dari 5 twin block Rusunawa, yang bakal dimanfaatkan tahap pertama hanya 2 twin block yang ada di sebelah utara.

"Dari 5 twin block yang telah diserahkan ke Pemkot Kediri baru 2 unit twin block," jelasnya.

Diperkirakan paling cepat pertengahan tahun ini, 2 twin bolck bangunan Rusunawa sudah dapat dimanfaatkan. Masing-masing twin block berkapasitas 98 unit Rusunawa.

Pantauan Surya, Pemkot Kediri mulai menanam pohon penghijauan di halaman Rusunawa sebelah utara. Namun semak belukar yang ada di sekitar Rusunawa masih belun dibersihkan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved