Breaking News:

Malang Raya

Ini Kata Menteri Sosial Khofifah Soal Aktivitas Gunung Bromo yang Terus Meningkat

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa mengaku sudah meninjau lokasi Gunung Bromo beberapa waktu lalu.

BMKG Juanda
Penampakan Bromo SElasa (5/1/2016). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Meski abu vulkanik sudah mengguyur Kota Malang, warga sekitar Gunung Bromo belum perlu diungsikan.

Pengungsian warga baru dibutuhkan apabila gunung bromo sudah berstatus dalurat. Sementara hingga saat ini statusnya masih siaga.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa mengaku sudah meninjau lokasi Gunung Bromo beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauannya, penduduk di sana belum membutuhkan tempat pengungsian. Namun, apabila suatu saat Gunung Bromo sudah berstatus darurat, pihaknya sudah menyiapkan beberapa antisipasi.

"Salah satunya kita sudah memiliki empat dapur umum. Masing-masing dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Polri, Dandim, dan Kemensos. Kalau dibutuhkan sewaktu-waktu, kita sudah ada. Tinggal dipasangkan," kata Khofifah.

Selain itu, apabila kondisi Gunung Bromo mendadak darurat, ia juga mengizinkan bupati mengeluarkan Surat Keputusan untuk menyalurkan 100 ton beras yang ada dalam cadangan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Jika masih kurang, penyaluran bisa ditambah 200 ton dengan surat keputusan yang dikeluarkan gubernur. "Jika di atas 200 ton, baru surat keputusannya dari kementerian sosial," lanjutnya.

Kondisi Gunung Bromo, menurut dia, berbeda dengan kondisi yang ada terjadi di Gunung Sinabung yang meletus 5 Januari 2014. Warga di sekitar lokasi gunung itu memerlukan relokasi. Karenanya, fasilitas umum dan fasilitas khusus di daerah pengungsian di sana sudah digelar.

Pada APBN 2016, kemensos sudah menganggarkan pembuatan falisitas umum seperti pasar dan fasilitas khusus seperti sekolah dan tempat beribadah. "Pada APBD 2015, baru sebagian yang masuk dalam relokasi. Yang kurang akan kita tambah pada APBN tahun ini," ungkap dia.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved