Malang Raya

Tinggalkan Tumpukan Sampah, Car Free Day Dikaji Ulang

"Isu yang berkembang di masyarakat kami tindaklanjuti, masukan-masukan dari masyarakat soal CFD, sampeyan kan sudah tahu,"

Tinggalkan Tumpukan Sampah, Car Free Day Dikaji Ulang
Surya
Suasana Car Free Day Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengkaji pelaksanaan Car Free Day (CFD). CFD digelar setiap hari Minggu di Jalan Besar Ijen Kota Malang.

"CFD barusan dibahas di rapat. Ada rencana-rencana yang nantnya digodok oleh tim strategis, untuk Carf Free Dat itu seperti apa. Hasilnya menunggu tim, seminggu inilah ada hasilnya," ujar Wali Kota M Anton usai rapat tentang CFD di Balai Kota Malang, Senin (11/1/2016) siang.

Pembahasan tentang CFD itu, kata Anton, menindaklanjuti masukan dan isu yang berkembang di masyarakat.

"Isu yang berkembang di masyarakat kami tindaklanjuti, masukan-masukan dari masyarakat soal CFD, sampeyan kan sudah tahu. Arahan saya dibentuk dan mengkaji masukan dan isu itu," lanjutnya kepada wartawan.

Saat ditanya lebih lanjut apakah pembahasan tentang CFD terkait sampah yang menumpuk usai CFD buyar, Anton mengiyakan hal itu.

Anton menambahkan, pihaknya tidak bisa serta merta membubarkan CFD. Sebab acara yang digelar sepekan sekali itu mengantongi Surat Keputusan (SK) wali kota terdahulu. Karenanya pelaksanaan acara itu tidak liar.

"Kan kepala daerah memiliki kebijakan, namun kami melihat bagaimana dampaknya kepada masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya di media sosial diposting foto tumpukan sampah setelah pelaksanaan CFD. Sampah terbungkus dalam kantong plastik dan ditinggal di sekitar Jalan Ijen. Melihat foto itu, beberapa orang netizen melontarkan pendapatnya.

Beberapa netizen mengkritisi CFD yang menjadi ajang berjualan. Ada yang menyarankan agar CFD hanya menjadi ajang olahraga, dan tidak menjadi ajang berjualan makanan. Bahkan ada yang menyarankan agar CFD dibubarkan.

"Bagaimana hasilnya sabar, menunggu tim ya," pungkas Anton.

Dari pantauan SURYAMALANG.COM, ajang CFD dipakai untuk lokasi berolahraga, komunitas berkumpul, juga lokasi berjualanan aneka makanan dan minuman.

Setiap CFD usai digelar, petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang langsung membersihkan sampah-sampah yang berserakan di tempat itu.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved