Malang Raya

Inilah Jurus Dinkes Kota Malang Untuk Memberangus Demam Berdarah

Dinkes Kota Malang turun tangan dalam penanganan demam berdarah lewat penyuluhan kelompok kerja operasional.

wikipedia
Nyamuk Aedes Aegypty. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang turun tangan dalam penanganan demam berdarah lewat penyuluhan kelompok kerja operasional.

Kepala Dinkes Kota Malang, Asih Tri Rachmi, mengatakan, hingga saat ini sudah 100 orang yang terhimpun dalam program tersebut.

Ia menyebut, tim itu di lapangan bertugas menjadi penyuluh utama. Mereka terdiri atas anggota PKK Kelurahan dan staf kecamatan.

“Utamanya mereka bertugas mengutamakan cara-cara antisipasi seperti menunjukkan pada warga daerah-daerah rawan potensi berkembang biaknya jentik demam berdarah dan juga cikungunya,” ungkapnya.

Dengan melibatkan tenaga dari kelurahan hingga kecamatan, ia berharap proses pencegahan bisa lebih mendalam. Mereka yang notabenenya sudah hafal kondisi lapangan masing-masing didorong untuk berkontribusi nyata. Menurut Asih, cara semacam ini baru dilakukan pertama kali.

Di luar itu, Dinkes juga mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan yang berpotensi menjadi sumber demam berdarah. Caranya yakni dengan lebih dini menyiapkan progaram pemberatasan sarang nyamuk melalui pengasapan atau obat kimia untuk bak mandi.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved