Breaking News:

Malang Raya

DPRD Malang Siap Beri Bantuan Hukum Warga Miskin

“Pemerintah harus membatu warga miskin yang beperkara, supaya mereka mendapat keadilan,”

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: fatkhulalami
SURYAMALANG/David Yohanes
David L 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - DPRD Kabupaten Malang menyiapkan bantuan hukum bagi warga miskin yang sedang beperkara di pengadilan. Sebab selama ini mereka menghadapi proses hukum tanpa bantuan pengacara.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Malang, Achmad Andi mengatakan, perlindungan tersebut rencananya dituangkan dalam peraturan daerah. Saat ini rancangan peraturan daerah tersebut masuk dalam prioritas legislasi 2016.

“Pemerintah harus membatu warga miskin yang beperkara, supaya mereka mendapat keadilan,” tegas Andi, Jumat (12/2/2016).

Lanjut Andi, masih butuh proses pembahasan materi perda tersebut. Pihaknya berarap perda tersebut nantinya disetujui dan disahkan. Dengan demikian akan anggaran yang dialokasikan untuk membela rakyat di muka hukum.

Prosedurnya, warga mengajukan rekomendasi Ketua RT dan Ketua RW, dan kelurahan tempat tinggalnya. Rekomendasi tersebut kemudian diajukan ke Dinas Sosial. Dinas Sosial yang akan menunjuk pengacara prodeo, untuk menjadi pendamping selama proses hukum.

“Nantinya pengacara prodeo yang melayani warga miskin akan tetap dibayar oleh Dinas Sosial,” papar Andi.

Bantuan hukum ini tidak akan berlaku pada kasus korupsi. Alasanya, korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Selain itu, pelaku korupsi dianggap punya uang dan bisa membela dirinya sendiri.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved