Malang Raya

Server Puspendik Error, Simulasi Ujian Nasional Diulang Besok

"Saat simulasi pernah ada gangguan ketika ujian matematika pada Kamis (11/2/2016). Tidak semua siswa bisa membuka soal," kata gadis berhijab ini.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: musahadah
surya/sylvianita widyawati
Suasana simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di SMAN 8 Malang saat listening Bahasa Inggris, Senin (15/2/2016). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Nurul Hidayati (18) siswa kelas 12 IPS 3 SMAN 8 Kota Malang mengatakan mata pelajaran ujian nasional (unas) mudah saat simulasi.

"Lebih mudah dibandingkan ujian out sekolah," ungkap Nurul kepada SURYAMALANG.COM, Senin (16/2/2016).

Meski begitu, ia tidak mau lengah. Dia tetap mempersiapkan diri menghadapi unas berbasis komputer.

"Saat simulasi pernah ada gangguan ketika ujian matematika pada Kamis (11/2/2016). Tidak semua siswa bisa membuka soal," kata gadis berhijab ini.

Hanya siswa yang berada di ruang lab komputer all in one yang bisa. Sehingga simulasi Matematika akan diulang Selasa (16/2/2016).

M Sulthon, Kepala SMAN 8 Malang mengatakan kendala terjadi karena ada server di Puspendik (Pusat Pendidikan) Kemendikbud yang tidak aktif.

Sedang server di sekolah tidak ada masalah. "Fungsi server di sekolah hanya jadi jembatan ke server puspendik. Sehingga pihak sekolah tidak mengetahui isi soal/ujian yang disimulasikan karena langsung ke komputer siswa,"terangnya.

Puspendik memberi waktu sekolah yang ikut UNBK untuk melakukan simulasi pada 9-29 Februari 2016. Saat ini di Malang ada dua sekolah yang mengikuti simulasi yaitu SMAN 8 dan SMAN 4.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved