Breaking News:

Malang Raya

Setengah Anggota Binaan Baznas Malang Menderita Gangguan Kesehatan

Saat ini anggota binaan Baznas Kota Malang sekitar 8.500 orang. Gangguan itu terutama menyerang para lansia.

surya/aflahul abidin
Konsultan Kesehatan Baznas dr Erna Susanti menyampaikan materi kepada para calon kader kesehatan Baznas, Sabtu (20/2/2015), di Kelurahan Kasin, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, SURYA – Separuh dari anggota binaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang menderita gangguan kesehatan. 

Saat ini anggota binaan Baznas Kota Malang sekitar 8.500 orang. Gangguan itu terutama menyerang para lansia.

Sekretaris Baznas Kota Malang Sulton Hanfi mengatakan, untuk mengurangi resiko ini, pihaknya membentuk kader kesehatan di sembilan kelurahan yakni, Jodipan, Arjowinangun, Buring, Cemorokandang, Merjosari, Kasin, Kebonsari, Kedungasri, dan Pandanwangi. D

Di tiap kelurahan dipilih lima kader. Mereka dilatih penyuluhan dan penanganan penyakit ringan di Kantor Kelurahan Kasin, Sabtu (20/2/2016).

“Para kader nanti harus mendampingi para anggota baitul mal di kelurahan mereka. Satu orang ditugasi mendampingi 15 anggota lain. Memang belum menyeluruh. Ini langkah awal dulu,” kata Sekretaris Baznas Kota Malang Sulton Hanfi, sela kegiatan.

Baznas juga menyediakan dana Rp 750 juta yang berasal dari anggaran konsumtif untuk mendaftarkan para anggota yang butuh penanganan kesehatan intensif ke BPJS Kesehatan.

Konsultan Kesehatan Baznas dr Erna Susanti yang menjadi pembicara dalam pelatihan tersebut, mengatakan, bantuan BPJS Kesehatan akan diberikan selama setahun bagi anggota yang memerlukannya.

Bantuan diberikan apabila penanganan kesehatan tingkat bawah tidak memungkinkan.

“Apabila penanganan awal pada anggota yang didampingi sudah tidak bisa diatasi, baru kita akan siapkan bantuan pendaftaran ke BPJS,” ungkap dia.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved