Breaking News:

Sportarema

Jelang PON 2016, Dayung Jawa Timur Datangkan Pelatih Asal Belanda

Pelatih asing yang akan didatangkan itu khusus untuk melatih atlet dayung nomor rowing. Realisasi rencana itu masih menunggu persetujuan KONI Jatim

SURYAMALANG.CO/Dyan Rekohadi
Atlet Puslatda Dayung Jatim nomor Rowing berlatih menggunakan mesin dayung ergometer di teras aula Dodik Bela Negara Malang di sela kegiatan Binter 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Jelang penyelenggaraan PON XVI di Jawa Barat yang tinggal menyisakan waktu sekitar enam bulan lagi, tim pelatih Puslatda Cabang Olahraga Dayung berencana mendatangkan pelatih asing.

Pelatih asing yang akan didatangkan itu khusus untuk melatih atlet dayung nomor rowing. Realisasi rencana itu kini masih menunggu persetujuan KONI Jatim.

Tim pelatih Puslatda dayung sudah mengantongi nama pelatih yang akan didatangkan. Pelatih yang dimaksud adalah pelatih spesialis dayung rowing asal Belanda, Diederik de Boorder.

"Pelatih dayung ini sudah familiar melatih di Indonesia, dia pernah jadi pelatih pelatnas, saya termasuk salah satu anak didiknya dulu, jadi kapasitasnya kami sudah tahu, " ujar Iswandi pelatih nomor rowing Puslatda Dayung Jatim saat ditemui di sela Pembinaan Karakter di Dodik Belanegara Malang, Senin (7/3/2016).

Ia menyebut komunikasi dengan Diederik de Boorder sudah dilakukan, dan si pelatih sudah setuju melatih atlet Jatim.

"Saat ini masih menunggu keputusan KONI Jatim, kami suda mengajukan. Kalau bisa sih sebenarnya keberadaan pelatih asing sejak awal Puslatda. Tapi sekarangpun kalau bisa secepatnya datang lebih baik," tambah Iswandi.

Bila semua proses berjalan lancar, pelatih yang pernah masuk dalam daftar lima besar pedayung dunia di tahun 2012 itu akan datang bulan April nanti. Selanjutnya para atlet dayung khusus nomor rowing akan digenjot program latihannya guna meraih prestasi terbaik di PON yang akan dilangsungkan di Jabar.

Rencana mendatangkan pemain asing jadi andalan tim pelatih Puslatda dayung Jatim mengingat hingga PON nanti mereka tidak mengagendakan program try out. Program latihan intensif akan kembali berjalan di Puslatda di Karangkates Malang. Saat ini semua pelatih dan atlet dayung menjalani program Pembinaan Karakter (Binter) hingga akhir pekan ini.

Di sela menjalani pembinaan karakter dan mental di lembaga pendidikan TNI AD itu para atlet diberi kesempatan menjalani latihan cabang olahraga masing-masing. Para atlet dayung nomor rowing mengisi sesi latihan di kegiatan Binter dengan memanfaatkan alat ergo meter yang diboyong ke Dodik Bela Negara di kawasan Rampal Kota Malang.

Penulis: Dyan Rekohadi
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved