Breaking News:

Malang Raya

Tarik Dana Sosial Wajib Kantongi Izin Dinas Sosial, Ini Alasannya

"Mereka yang mengumpulkan dana sosial harus mengantongi izin, dan memiliki kepanitiaan, lembaga, atau yayasan,"

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: fatkhulalami
surya/hayu yudha prabowo
Rendra senang dapat bantuan kursi roda. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pengumpulan dan penarikan dana sosial harus mengantongi izin dari Dinas Sosial terkait atau Kementerian Sosial. Dana sosial ini dikumpulkan dari masyarakat kemudian diberikan kepada pihak tertentu untuk tujuan sosial atau aksi kemanusian.

Menurut Direktur Pengumpulan dan Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementerian Sosial Mira Riyato Kurniasih, mereka yang berniat mengumpulkan dana sosial harus mengantongi izin.

"Mereka yang mengumpulkan dana sosial harus mengantongi izin, dan memiliki kepanitiaan, lembaga, atau yayasan," ujar Mira usai mengikuti acara pemberian bantuan untuk penyandang disabilitas di Pendapa Bupati Malang di Jalan KH Agus Salim Kota Malang, Kamis (23/3/2016).

Pernyataan Mira ini menjawab pertanyaan tentang banyaknya fenomena penggalangan dana sosial baik secara langsung atupun melalui media sosial. Jika dana sosial digalang dan diberikan di dalam satu kota atau kabupaten maka hanya perlu izin dari Dinas Sosial kabupaten atau kota setempat.

Namun jika tempat penggalangannya sampai ke luar kabupaten maka harus mengantongi izin Dinas Sosial Provinsi.

"Kalau lintas provinsi, barulah izin dari Kementerian Sosial," lanjut Mira.

Karenanya, tidak semua pihak gampang menarik atau menggalang dana sosial atau dana kemanusiaan. Pemberian izin pun juga dikenai termin waktu. Satu periode penggalangan dana maksimal hanya tiga bulan, dan kemudian izinnya harus diperbarui lagi.

"Kenapa ini diatur, supaya penggalangannya jelas dan peruntukannya juga jelas dan tepat sasaran. Bisa dipertanggungjawabkan karena ini menghimpun dana masyarakat untuk tujuan sosial," tegasnya.

Ia mencontohkan dana sosial yang dikumpulkan oleh gerai Alfamart. Perusahaan yang bergerak di sektor retail itu harus mengantongi izin, melaporkan pendapatan donasinya, dan melaporkan penyalurannya.

Namun Mira mengaku tidak membawa data berapa akumulasi pengumpulan dana sosial di tahun 2015 oleh Kementerian Sosial.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved