Malang Raya

Demi Tampil di Australia, Pebalap Nasional Ini Ikut Unas Berbasis Kertas

Atlet nasional balap sepeda Chrismonita Dwi Putri, pilih mengikuti ujian nasional (Unas) berbasis kertas...

surya
Chrismonita Dwi Putri, 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Atlet nasional balap sepeda Chrismonita Dwi Putri, siswa kelas 12 Bahasa dan Budaya SMAN 6 Kota Malang pilih mengikuti ujian nasional (Unas) berbasis kertas.

Padahal, sekolahnya melaksanakan Unas berbasis komputer (UNBK). Ini disebabkan ia pada Kamis (7/4) sudah harus berangkat ke Australia mewakili Indonesia.

“Apabila ikut UNBK selesainya masih pekan depan,” jelas Hariyanto, Kepala SMAN 6 Kota Malang, kemarin.

Menurut Hariyanto, kepindahan siswanya ikut Unas berbasis kertas sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang.

Diungkapkan Hariyanto, sejak 15 Januari 2016 Chrismonita menjalani pelatnas di Yogyakarta.

Selama ujian akhir sekolah, Chrismonita mengikutinya lewat Online. “Namun khusus untuk Unas, Chrismonita harus ke Malang selama tiga hari,” jelas Hariyanto.

Dalam waktu tiga hari itu, Chrismonita harus bisa bisa menyelesaikan enam mata pelajaran (maple) Unas. Dengan begitu, ketika berangkat ke Australia sudah tuntas mengikuti Unas.

“Ini berbeda jika dia ikut UNBK yang baru selesai pada Selasa (12/4). Sebab tiap hari hanya satu mapel Unas,” papar Hariyanto.

Budiono, Kasi Kurikulum SMP, SMA, SMK Dindik Kota Malang menyatakan sudah mendapat laporan dari SMAN 6. Karena itu, naskah tambahan Unas berbasis kertas buat Chrismonita diambilkan pada Sabtu (2/4) di percetakan Jasuindo Sidoarjo.

Sebab SMAN 6 Kota Malang adalah sekolah penyelenggara UNBK, sehingga tidak ada naskah Unas berbasis kertas untuk atlet berprestasi itu.

“Kebetulan untuk naskah Unas jurusan bahasa kan tidak banyak. Beda dengan jurusan IPA dan IPS,” tutur Budiono. Ditambahkan Budiono, kepindahan peserta UNBK ke Unas berbasis kertas kasuistik.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved