Malang Raya

SKPD di Pemkot Malang Harus Siap Dinilai Kementrian, Ini Alasannya

"Dengan berkas yang ada, kami optimis bisa dapat nilai B. Dan dengan waktu evaluasi tahun ini, kami akan coba terus tingkatkan hingga dapat nilai A,"

Google
Logo Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Para pemimpin satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Malang harus bersiap dinilai kinerjanya dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) enam bulan terakhir.

Penilaian itu mencakupi hasil kinerja triwulan akhir 2015 dan triwulan pertama 2016.

Para kepala SKPD harus memaparkan hal itu dihadapan salah satu deputi Kementerian Pemberdayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi dan perwakilan dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur, Senin (11/4/2016) di Malang.

Beberapa SKPD kini sudah mulai menyiapkan berkas yang harus mereka sampaikan.

Kepala Dinas Prindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang Tri Widyani mengaku, berkas laporan kinerja triwulan akhir 2015 sudah dirampungkan. Sementara berkas triwulan pertama tahun 2016 ini masih tahap perampungan. Dengan tenggat waktu yang tersedia, ia yakni seluruh berkas rampung sebelum pemaparan.

“Dengan berkas yang ada, kami optimis bisa dapat nilai B. Dan dengan waktu evaluasi tahun ini, kami akan coba terus tingkatkan hingga mendapat nilai A sebelum tutup tahun,” katanya, usai mengikuti rapat koordinasi di Ruang Sidang Balai Kota, Senin (11/4/2016).

Wanita yang akrab disapa Yani itu menyebut, ada tiga jenis penilaian yang akan diberikan Kemenpan-RB pada SKPD, yakni nilai A, B, dan C. SKPD yang mampu menjalankan tugas, pokok, dan fungsi sesuai dengan target akan mendapat nilai A. Sementara bagi SKPD yang kinerjanya buruk akan diganjar dengan nilai C.

Kepala Dinas Perhubungan (Dihub) Kota Malang Handi Priyanto mengaku, seluruh berkas yang harus dibawa dalam pemaparan sudah rampung beberapa hari sebelumnya. Ia bahkan sesumbar akan menjadi SKPD pertama yang siap menyampaikan paparan.

“Meski laporannya tiga bulanan, kami akan mengikuti penyusunan berkas bulanan,” kata dia.

Sayang, ia belum meninjau hasil laporan sehingga hasil yang akan dipaparkan belum ia ketahui. Termasuk juga besaran serapan anggaran yang sudah dilakukan triwulan pertama tahun ini.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved