Breaking News:

Malang Raya

Ternyata Tulang Ikan Bisa Dimanfaatkan Jadi Pasta Baterai Bekas

"Tulang ikan yang dibutuhkan yang besar. Seperti ikan tongkol. Setelah dicuci bersih, dijemur tiga hari,"

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: fatkhulalami
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Dua mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang memberikan pelatihan pemanfaatan tulang ikan ke warga Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang beberapa hari lalu 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Tulang ikan yang biasanya dibuang begitu saja bisa dimanfaatkan sebagai pasta baterai bekas.

Sehingga tidak perlu membeli baterai baru setelah diisi pasta/serbuk tulang ikan yang dicampur garam.

Porsinya 1:2. Namanya Fi-Batt (Fish Battery). Yang membuatnya adalah empat mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Mereka adalah Maulida Aulina (Pendidikan Vokasi), Imam Suhaeri (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Izza Afkarina (FIA) dan Machfud Firmansyah (Fakultas Teknik).

Pemanfaatan tulang ikan ini pernah disosialisasikan ke warga Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pekan lalu.

"Tulang ikan yang dibutuhkan yang besar. Seperti ikan tongkol. Setelah dicuci bersih, dijemur tiga hari. Setelah itu diblender, disangrai kemudian diayak, " jelas Izza Afkarina, mahasiswa FIA Universitas Brawijaya (UB) Malang kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (20/4/2016).

Hasil produksinya berupa serbuk/pasta. Ditambahkan Machfud Firmansyah, mahasiswa Teknik Elektro sementer 6 ini, syarat pengisian pasta tulang ikan ke baterai bekas adalah elektrodenya tidak boleh patah.

Cara pengisiannya elektrode dipasang terlebih dulu seperti semula. Setelah itu diisi serbuk tulang ikan dan garam dan dimasukkan sampai memadat.

Menurutnya, ketika ke lokasi pelatihan, timnya juga membawa contoh dan sekaligus praktik.

"Hasilnya bisa menyalakan lampu," kata Machfud.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved