Malang Raya

Industri Kreatif Kota Malang Dilirik Perusahaan Swasta di Singapura

“Dalam pameran mereka menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama untuk beberapa produk dan SDM yang kami punya,”

surya/sany eka putri
Staf Disperindag Kota Malang dan Ketua MCF mengamati kerja mesin Printer 3D baru di ruang kerja, Industri Kreatif Digital, Perpustakaan Kota Malang, Rabu (16/3/2016). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Industri kreatif di Kota Malang disebut mulai dilirik oleh negara lain. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang Tri Widyani Pangastuti mengatakan, minat itu salah satunya datang dari negeri Singapura.

Dalam pameran Communic Asia 2016 di Singapura yang berakhir 3 Juni lalu, ketertarikan itu disampaikan pihak swasta pengembang industri kreatif dari negara itu.

“Memang belum ada realisasi karena itu baru ketertarikan. Tapi ini adalah signal positif,” kata Yani, begitu ia akrab disapa, Senin (6/6/2016).

Salah satu minat yang disampaikan oleh pihak di negara itu, lanjutnya, adalah untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Kota Malang untuk mempraktikan hasil kreasinya di sana.

Jika jadi terlaksana, program itu akan dikerjasamakan juga dengan Dinas Komunikasi dan Infomratika (Diskominfo) Kota Malang. Yani mengaku konsep penjajakan itu belum didalami lebih lanjut karena masih sebatas ketertarikan. Setelah ada timbal balik, pihaknya baru akan menghitung potensi dampak positif dan negatifnya.

Tawaran itu, lanjutnya, didapat dari perusahaan yang bergerak di bidang web developer.

“Dalam pameran mereka menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama untuk beberapa produk dan SDM yang kami punya,” ujarnya.

Beberapa produk industri kreatif yang dibawa Kota Malang ke acara tersebut adalah produk aplikasi, permainan, film, dan animasi.

Yani berharap, tawaran itu adalah salah satu respons positif yang akan berlanjut untuk pengembangan ekonomi berbasis industri kreatif. Selain komitmen dari pihak pemerintah, ia menyebut, pengembangan itu juga perlu dorongan dari pihak swasta dan pelaku industri kreatif lain yang turun berperan di dalamnya.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved