Breaking News:

Malang Raya

Inilah Alasan Tradisi Uang Infaq Masjid Jami Malang Berlangsung Setiap Jumat

#KotaMalang Apa alasan Takmir Masjid Jami' Kota Malang menghitung infaq setiap Jumat? Ini jawabannya

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Sejumlah takmir masjid menghitung uang infaq minggu ke dua Ramadan usai Salat Jumat di Masjid Agung Jami , Kota Malang, Jumat (17/6/2016). Infaq selama bulan Ramadan di Masjid ini mengalami kenaikan dari Rp 65 juta hari biasa menjadi sekitar 80 juta saat bulan Ramadan. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tradisi dan kegiatan rutin Takmir Masjid Jami' di Kota Malang setiap Jumat adalah menghitung Infaq.

Seperti yang terjadi pada Jumat (17/6/2016). Kala itu seluruh takmir duduk menghitung satu persatu uang di hadapan mereka.

Lalu apa alasan mereka menghitung pada Jumat? Anggota Takmir Masjid Jami', Erwin Adi mengatakan pemilihan hari bukan berdasarkan perhitungan hari baik atau berdasarkan kalender jawa, tetapi memang hari yang tepat untuk menghitung setiap minggu sekali.

"Tidak memungkinkan kalau setiap hari dihitung, tenaga juga sedikit. Lalu kalau setiap bulan juga rentan waktu yang cukup lama. Pasnya ya hari Jumat seminggu sekali. Untuk merekapnya juga mudah bagi kami," tuturnya saat ditemui di Masjid Jami', Jumat.

Pehitungan infaq kotak amal Masjid Jami' ini ada empat kotak amal, yakni Kotak Pembangunan, Kotak Duafa, Kotak Yatim, dan Kotak Beberan (kas masjid).

Dari perhitungan di bulan ramadan sejak Hari Jumat pertama Ramadan ini, keempat kotak amal ini menunjukkan jumlah yang berbeda.

Perhitungan hari ini, kotak pembangunan sebanyak Rp 7 juta, kotak duafa sebannyak Rp 17 juta, kotak yatim sebanyak Rp 29 juta, dan kotak beberan sebanyak Rp 19 juta.

Erwin menambahkan, infaq untuk yatim memang yang paling banyak disodaqohkan oleh masyarakat. Dari keempat jenis kotak amal ini, bisa memilih akan menyumbangkannya kepada siapa.

Biasanya, pada malam ganjil bulan ramadan tanggal 21, 23, 25, akan banyak orang melakukan salat malam. Dari situ, infaq akan bertambah.

"Semakin banyak massa yang salat di masjid, Insha Allah juga semakin banyak infaqnya.

Biasanya, pada malam-malam salat ganjil, atau bahkan menjelang lebaran banyak kegiatan di masjid," imbuhnya.

Saat perhitungan kotak amal ini dibutuhkan anggota sebanyak 15 orang.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved