Breaking News:

Jakarta

Nilai Zakat yang Dibayarkan Jokowi Lebih Besar dari Gaji Setahun Buruh Pabrik

Presiden menyampaikan amanahnya agar zakat yang ditunaikan bisa bermanfaat bagi orang-orang yang berhak menerima zakat.

Penulis: Aji Bramastra | Editor: Aji Bramastra
Tribunnews.com
Presiden Jokowi. 

SURYAMALANG.COM - Presiden Joko Widodo menunaikan zakat mal dan profesi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Selasa (28/6/2016).

Berapa besar zakat yang dibayarkan Jokowi?

Tahun ini, zakat mal yang dibayarkan Presiden Jokowi sebesar Rp 40 juta.

Bila mengacu pada UMK Kota Malang yang sebesar Rp 2 juta, maka dipastikan zakat yang dibayarkan Presiden masih jauh lebih banyak dari gaji yang diterima buruh pabrik dalam setahun.

Zakat ini diterima langsung oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo. Namun, pelaksanaan itu berlangsung tertutup.

Berdasarkan siaran pers Baznas, Selasa pagi, Presiden menyampaikan amanahnya agar zakat yang ditunaikan bisa bermanfaat bagi orang-orang yang berhak menerima zakat.

"Presiden mendukung gerakan kebangkitan zakat yang digalang Baznas se-Indonesia untuk menggerakkan hati masyarakat menegakkan syariat zakat, yaitu menjadi manusia yang produktif, menerapkan sistem ekonomi etis dan menunaikan zakat," ujar Bambang.

Bambang mengapresiasi Presiden atas tauladannya yang baik bagi rakyat Indonesia dengan menunaikan zakatnya melalui pengelola zakat yang resmi.

Ia berharap tauladan Presiden menggerakkan hati rakyat yang mampu untuk membersihkan hartanya karena di dalam hartanya terdapat hak orang lain.

Bambang menjelaskan, selama 2015, zakat yang berhasil dihimpun berskala nasional, yakni sebesar Rp 3,6 triliun.

Jumlah itu merupakan zakat dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Sedangkan penyaluran efektif sebesar Rp 2,2 triliun.

Bambang berharap kampanye kebangkitan zakat yang digaungkan Baznas se-Indonesia memacu peningkatan penghimpunan zakat atau infak secara nasional.

Baznas kini melengkapi layanan pembayaran zakat secara digital, salah satunya melalui portal Kitabisa.com. Masyarakat dapat menunaikan zakatnya dengan mudah seperti belanja online. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved