Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Orang Barat Katanya Sangat Terpelajar, Tapi Lihatlah Betapa Mereka Sangat Rasis Kepada Sesama

“Kembalilah ke Afrika!” begitu umpat remaja itu kepada seorang penumpang (korban rasis) agar keluar dari trem

Penulis: Eko Darmoko | Editor: eko darmoko

SURYAMALANG.COM, INGGRIS – Sebuah video menjijikkan beredar luas di media sosial. Video ini adalah perlakuan rasis sekelompok anak muda kepada seorang penumpang trem.

Dikutip SURYAMALANG.COM dari metro.co.uk (28/6/2016), peristiwa ini terjadi di Manchester, Inggris, dan direkam oleh seorang netizen kemudian mengunggahnya ke Twitter.

Kemunculan video ini sangat disayangkan; betapa tidak terpujinya masyarakat Barat dalam memperlakukan seseorang yang ‘beda’ dengan mereka. Padahal, Barat dieluh-eluhkan sebagai masyarakat terpelajar yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Warna kulit selalu menjadi topik utama dalam aksi rasis. Bahkan, sekelompok anak muda dalam trem ini mengeluarkan kalimat yang tidak sebagaimana mestinya untuk mengusir seseorang dari trem itu.

“Kembalilah ke Afrika!” begitu umpat remaja itu kepada seorang penumpang (korban rasis) agar keluar dari trem.

Tak hanya memaki dengan kata-kata kasar, bahkan sekelompok anak muda ini juga melakukan kekerasan fisik; mereka melempar bir ke arah penumpang itu.

Aksi ini pun sempat mendapatkan perlawanan dari penumpang lainnya. Namun, agaknya para penumpang ini lebih memilih cuek ketimbang membela korban rasis.

"Ini adalah pelecehan yang menjijikkan, tidak pantas berada di tengah-tengah masyarakat,” kata Gareth Parkin, Kepala Inspektur Kepolisian Manchester.

Kepolisian Manchester pun mendesak kepada siapa saja yang mengenal para pelaku rasis, agar berkenan melaporkannya ke polisi. Video yang beredar di media sosial menjadi alat bukti untuk mengejar para pelaku.

Video ini juga beredar di YouTube, diunggah akun Don News pada 28 Juni 2016 (lihat di atas).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved