Malang Raya

Kalau Celaka Gimana? Wisatawan Nekat Naik ke Bibir Kawah Gunung Bromo, Padahal Statusnya Waspada

"Dengan naiknya kembali aktivitas Gunung Bromo, pengunjung dilarang naik ke kawah,"

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: eko darmoko
Istimewa
Gunung Bromo. Foto dokumentasi, diambil Kamis (28/1/2016) pagi ini. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tak sedikit wisatawan Gunung Bromo mengabaikan peringatan larangan mendekati bibir kawah gunung ketika masih berstatus waspada seperti saat ini. Hal ini terlihat dari beberapa foto bidikan fotografer media pada Selasa (12/7/2016) kemarin.

Beberapa foto menunjukkan wisatawan berada di bibir kawah. Padahal berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) batas aman wisatawan berkunjung ke Bromo adalah 1 KM dari puncak kawah Bromo. Batas aman 1 KM itu hanya sampai di ujung paling bawah anak tangga naik ke puncak kawah.

Penungjung masih bisa menikmati lautan pasir, juga ke penanjakan. Tetapi mengacu pada foto-foto itu, terlihat wisatawan berada di bibir kawah, alias berada di puncak Bromo.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) John Kennedie menegaskan jika pengunjung Bromo dilarang naik ke kawah. "Dengan naiknya kembali aktivitas Gunung Bromo, pengunjung dilarang naik ke kawah," ujarnya melalui pesan di aplikasi whatsapp kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (13/7/2016).

Menurutnya ada petugas yang berjaga di tangga naik ke kawah. Selain itu, pihaknya juga melarang pengunjung naik ke puncak. Larangan itu disampaikan petugas ketika pengunjung tiba di pintu masuk baik Cemorolawang (Probolinggo), Wonokitri (Pasuruan), dan Trisula/Jemplang (Malang). Tiket, lanjut John, juga dibubuhi stempel tulisan larangan naik ke puncak atau kawah Bromo.

Gunung Bromo tetap menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Di libur Lebaran, mulai 3 - 11 Juli 2016 tercatat ada 24.098 orang pengunjung. Mereka terdiri dari wisatawan domestik sebanyak 23.366 dan asing mencapai 732 orang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved