Breaking News:

Malang Raya

Dana Ratusan Miliar Disiapkan Untuk Bangun Jatim Park Tiga di Kota Batu

"Setelah perizinan selesai semua barulah dilakukan proses pembangunan Jatim Park Tiga yang kami perkirakan dimulai tahun ini juga,"

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Achmad Amru Muiz
Suasana wisata Jatim Park Dua di Kota Batu, Selasa (26/7/2016). Ke depan, bakal ada Jatim Park Tiga di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Tambah destinasi wisata di Kota Batu, Jatim Park Grup siapkan dana investasi ratusan miliar untuk pembangunan Jatim Park Tiga. Dalam tahap awal pembangunan Jatim Park Tiga, telah disiapkan lahan seluas 6 hektar di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Manajer Humas Jatim Park Grup (JTP Grup) Kota Batu, Titik S Ariyanto mengatakan, sekarang ini untuk pembangunan Jatim Park Tiga semuanya masih dalam proses persiapan. Untuk lahan seluas 6 hektar mulai dilakukan penataan dan pemerataan. Demikian juga untuk semua perizinan ke Pemkot Batu dan ke Provinsi Jawa Timur dalam proses akhir.

"Setelah perizinan selesai semua barulah dilakukan proses pembangunan Jatim Park Tiga yang kami perkirakan dimulai tahun ini juga," kata Titik S Ariyanto, Selasa (26/7/2016).

Dijelaskan Titik S Ariyanto, dalam Jatim Park Tiga nantinya selain untuk wahana Dino Park atau taman binatang purba seperti dinosaurus dan sebagainya, juga akan dilengkapi dengan Apartemen dan Hotel berbintang. Selain itu, Jatim Park Tiga juga akan dilengkapi gedung teater berkapasitas 2 ribu penonton, dan Karpet Merah (red karpet) untuk show dan lainya.

"Yang pasti, di Jatim Park Tiga nantinya akan memberikan edukasi wisata berkelas zaman dinosaurus dengan berbagai fasilitas pertunjukan serta penginapan bagi wisatawan, dan kami optimis wisatawan akan semakin tertarik berkunjung ke Kota Batu," ucap Titik.

Memang, diakui Titik, melihat lokasi pembangunan Jatim Park Tiga di dekat akses jalur padat kendaraan telah menjadi pemikiran tersendiri manajemen Jatim Park Grup. Di antaranya dengan membangun jalan layang menuju dan keluar dari Jatim Park Tiga. Bahkan, dari jalan layang tersebut nantinya juga akan terhubung ke sejumlah jalan alternatif untuk memecah kepadatan kendaraan di jalur utama menuju Kota Batu.

"Yang pasti, kami akan mendesain akses jalan ke lokasi Jatim Park Tiga nantinya sekaligus sebagai jalur alternatif pemecah kepadatan lalu lintas di Kota Batu," ucap Titik.

Hanya saja, tambah Titik, untuk membangun jalan layang yang terhubung ke Jalan Provinsi terlebih dahulu pihaknya harus mengajukan perizinan ke Provinsi Jawa Timur. Bila Provinisi Jatim tidak memberikan izin maka akan dilakukan perubahan desain akses jalan sesuai dengan kondisi jalan yang ada sekarang.

"Untuk itu, mohon doanya semoga rencana pembangunan Jatim Park Tiga bisa berjalan dengan baik. Dan semua izin yang dibutuhkan bisa didapat sehingga pembangunan bisa segera direalisasikan yang kami perkirakan selesai dalam dua tahun kedepan," tandas Titik S Ariyanto.

Sementara Sekretaris Komisi C DPRD Kota Batu, Heli Suyanto menyambut positif rencana pembangunan destinasi wisata Jatim Park Tiga di Kota Batu. Dengan adanya tambahan destinasi wisata yang dibangun Jatim Park Grup tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kunjungan wisata di Kota Batu.

Bahkan nantinya Kota Wisata Batu bisa menjadi tempat wisata terbesar di Indonesia. Karena sekarang ini saja sejumlah wahana wisata yang dikelola Jatim Park Grup di Kota Wisata Batu menjadi yang terbaik di Asia.

"Kami pun optimis, bila jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu semakin banyak maka diharapkan penerimaan retribusi wisata yang didapat Pemkot Batu semakin besar," kata Heli Suyanto.

Meski demikian, dikatakan Heli Suyanto, dalam pembangunan Jatim Park Tiga nantinya harus tetap memperhatikan kondisi lingkungan sekitar obyek wisata. Setidaknya, Jatim Park Tiga akan mempekerjakan warga sekitar pada khususnya dan umumnya warga Kota Batu. Dengan demikian keberadaan obyek wisata baru bisa menyerap semaksimal mungkin tenaga kerja lokal Kota Batu.

Di samping itu, tambah Heli Suyanto, manajemen Jatim Park Tiga nantinya juga harus memperhatikan akses jalan keluar masuk ke lokasi obyek wisata. Karena lokasi Jatim Park Tiga ada di jalur utama Kota Batu. Dengan demikian harus ada antisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas luar biasa bila akses jalan utama tersebut tersendat oleh keberadaan Jatim Park Tiga.

"Untuk itu, kami harap ada antisipasi dari pembangunan Jatim Park Tiga tersebut atas munculnya berbagai persoalan yang ada," tutur Heli Suyanto.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved