Malang Raya

Elfi Anis Saati, Dosen UMM Manfaatkan Bunga Mawar Untuk Pewarna Alami

Elfi Anis Saati, dosen Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang menciptakan pewarna alami

Elfi Anis Saati, Dosen UMM Manfaatkan Bunga Mawar Untuk Pewarna Alami
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Elfi Anis Saati, dosen Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Elfi Anis Saati, dosen Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan pewarna alami makanan. Caranya dengan memanfaatkan bunga mawar.

Penciptaan warna alami itu dari keresahannya melihat adanya penggunaan pewarna tekstil makanan.
"Awalnya saya mengamati bunga cacar air yang warnanya larut di air," jelas Elfi, Rabu (31/8/2016).

Dari hal itu, ia melihat bahwa antosianin atau pigmen bunga yang dapat larut dalam air ini bisa diolah menjadi bahan pewarna makanan. Dengan penggunaan pewarna alami maka makanan jauh lebih sehat.

Menurut Elfi, untuk mengidentifikasi struktur molekul mawar merah, ia mengunjungi berbagai kampus di Indonesia hingga Australia. Dikatakannya, selain mawar merah, ia juga mengambil zat pewarna dari buah dan sayuran.

Seperti anggur, kulit buah naga, ubi, bunga kana, bayam merah, turi merah dll yang dijamin keamanannya.

“Manfaat antosianin pada bunga banyak. Selain bahan warna juga bersifat anti-oksidan, anti-herbal, anti-akrobia, menghambat mikroba, bahkan dapat menambah awet muda dan mencegah penyakit kulit,” ujarnya.

Ditambahkan dia, pigmen bunga mawar juga ia produksi dalam bentuk tablet effervescent dan diujicobakan pada tikus oleh anaknya yang berprofesi sebagai dokter. Hasilnya, pewarna tersebut berfungsi sebagai pelindung hati dan ginjal tikus.

Dari temuannya itu, poster Elfi pernah masuk salah satu dari lima poster produk halal terbaik di dunia pada gelaran World Halal Research 2011 oleh Halal Industry Development Corporation (HDC) Global di Kuala Lumpur, Malaysia.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved