Malang Raya

Ternyata Kepergian Bupati Rendra Kresna dan Rekanan ke Rusia untuk ini

“Dinas-dinas lain di luar yang lima itu, menggunakan uang pribadi. Bukan menggunakan uang negara,”

Ternyata Kepergian Bupati Rendra Kresna dan Rekanan ke Rusia untuk ini
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko adalah salah satu pihak yang ikut rombongan Bupati Malang ke Moskow Rusia.

Menurut Hari, kepergian ke Rusia atas undangan Kementerian Pariwisata. Kabupaten Malang mendapat jatah lima orang untuk hadir dalam acara Festival Indonesia di Moskow.

Jumlah tersebut belum termasuk para penari topeng asal Kabupaten Malang. Lima orang tersebut adalah Bupati, Ketua DPRD, Dinas Pariwisata, Humas dan Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Di luar lima jatah tersebut, ditanggung secara pribadi oleh yang bersangkutan.

“Dinas-dinas lain di luar yang lima itu, menggunakan uang pribadi. Bukan menggunakan uang negara,” ungkap Hari, Kamis (1/9/2016).

Terkait keikutsertaan sejumlah rekanan, mereka juga menggunakan uang pribadi. Mereka melakukan penjajakan dalam bidang dagang.

Utamanya komoditi yang dihasilkan Kabupaten Malang, khususnya kopi. Namun anehnya, rekanan yang diajak bukan pelaku usaha pariwisata.

Mereka justru kontraktor proyek fisik. Hari beralasan, mereka baru penjajakan.

“Siapa tahu mereka mau beralih ke bidang perdagangan. Sifatnya kan masih penjajakan,” tutur Hari.

Hari mengaku, hanya lima hari di Moskow dan kemudian langsung pulang. Politisi PDIP ini mengaku tidak tahu, kemana rombongan bupati seusai dari Moskow.

Namun sepengetahuannya, Bupati dan rombongan mencari terobosan untuk perdagangan dan pariwisata Kabupaten Malang. Lebih jauh, Hari menilai kegiatan Bupati dan rombongan selama di Eropa sudah sesuai dengan prosedur.

Meski demikian, nantinya akan ada pertanggungjawaban melalui mekanisme LKPJ.

Sejauh ini Bupati Rendra Kresna belum bisa dimintai keterangan, terkait hasil kepergiannya ke Moskow.

Kamis (1/9/2016) rencananya Bupati akan melakukan pembahasan anggaran bersama DPRD Kabupaten Malang. Namun bupati batal datang dan hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Abdul Malik.

Penulis: David Yohanes
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved