Malang Raya

DPP PDIP Instruksikan DPC Daftarkan Paslon Dewanti-Punjul untuk Pilkada Kota Batu

"Instruksi untuk mendaftarkan Paslon itu saja yang baru kami terima, meski hingga hari ini kami belum menerima SK DPP tentang penentuan nama Paslon,"

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso 

SURYAMALANG.COM, BATU - DPC PDIP memastikan bakal mendaftarkan paslon Cawali, Dewanti Rumpoko, dan Cawawali, Punjul Santoso ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Rencananya, pendaftaran paslon yang diusung PDIP itu dilakukan pada hari pertama dibukanya waktu pendaftaran oleh KPU, yakni pada hari Rabu (21/9/2016) tepat pukul 13.00 WIB.

Ketua DPC PDIP Kota Batu, Suliadi mengatakan, pihaknya sudah menerima instruksi mendaftarkan Paslon dari DPP PDIP. Dan pelaksanaan pendaftaran Paslon yang diusung PDIP itu akan dilakukan secara bersama-sama di setiap daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2017.

"Instruksi untuk mendaftarkan Paslon itu saja yang baru kami terima, meski hingga hari ini kami belum menerima SK DPP tentang penentuan nama Paslon," kata Suliadi, Senin (19/9/2016).

Dijelaskan Suliadi, dari informasi yang diterimanya SK penentuan nama Paslon atau rekom DPP PDIP tersebut kemungkinan baru akan disampaikan melalui DPD PDIP Jatim pada saat pendaftaran Paslon oleh DPC PDIP Kota Batu ke KPU. SK rekom itu nantinya disampaikan bersamaan dengan SK susunan kepengurusan DPC PDIP Kota Batu yang baru dikeluarkan DPP PDIP.

"Jadi semua keputusan penting DPP PDIP baru bisa diketahui pada saat pendaftaran Paslon di KPU. Kami tidak tahu mengapa prosesnya seperti itu dan kami hanya siap melaksanakan saja," ucap Suliadi.

Mengenai digunakannya arak-arakan atau pawai dalam mendaftarkan Paslon PDIP ke KPU, dikatakan Suliadi, hal itu tidak dilakukan. Karena DPC PDIP akan menggunakan cara efisiensi dan tidak membuat gaduh yang bisa mengganggu aktifitas masyarakat.

"Yang jelas, nanti kami akan datang bersama Paslon mendaftar ke KPU. Dan semua syarat administrasi saat ini sudah selesai disiapkan semuanya oleh tim," tandas Suliadi.

Sedangkan untuk Parpol koalisi dan pendukung Paslon yang diusung PDIP, ungkap Suliadi, hingga kini belum ada keputusan resmi. Termasuk Parpol Gerindra apakah sudah resmi menyatakan dukungan pada Paslon Dewanti-Punjul sampai sekarang belum ada surat resmi yang diterima DPC PDIP Kota Batu.

"Untuk sementara ini DPC PDIP masih jalan sendiri mengusung Paslon Bu Dewanti dan Pak Punjul. Bila ada Parpol lain yang menyatakan telah mendukung Paslon kami itu belum ada kepastian," ucap Suliadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Media dan Opini DPD II Partai Golkar Kota Batu, Harijono MC mengatakan, DPD II Partai Golkar akan menunggu turunya rekom DPP Partai Golkar pada hari Selasa (22/9) pukul 24.00 WIB. Bila sampai waktu menunggu telah habis maka akan ada kebijakan DPD II Partai Golkar untuk menindaklanjuti keputusan alternative yang telah disiapkan.

"Makanya, silahkan ditunggu besok. Siapa nama yang direkom DPP Partai Golkar dalam Pilkada Kota Batu. Yang jelas rekom diharap bukan sebagai pendukung paslon, tapi pengusung paslon seperti yang kami harapkan," kata Harijono.

Memang, diakui Harijono, sesuai keputusan Rakerda DPD II Partai Golkar yang mengusung kader internal sebagai calon kepala daerah. Dimana dalam hal itu Partai Golkar mengusulkan Ketua DPD II Partai Golkar, Didik Machmud, maju sebagai kandidat Cawali atau Cawawali. Hal itu sesuai dengan keinginan para kader dan simpatisan Partai Golkar Kota Batu.

"Dan usulan itu sudah disampaikan ke DPP Partai Golkar. Akan tetapi, apakah usulan itu disetujui atau justru DPP memiliki keputusan lain tentunya kami DPD II hanya siap melaksanakannya," tutur Harijono MC.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved