Malang Raya

KPU Kota Batu Jemput Bola Sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan, sebelum masa pendaftaran seharusnya Parpol sudah harus menginput data bakal Pasangan Calonnya

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eko darmoko
Tribunnews.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BATU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi sistem informasi pencalonan (Silon). Pasalnya, hingga dua hari sebelum masa pendaftaran paslon dibuka belum ada satu pun Parpol yang meminta username dan password ke KPU Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan, sebelum masa pendaftaran seharusnya Parpol sudah harus menginput data bakal Pasangan Calonnya (Paslon) dalam aplikasi Silon. Kewajiban Parpol menginput data Silon ada dua. Yakni data bakal Paslon dan data Dukungan Parpol. Hal itu dilakukan untuk mengetahui dukungan Parpol dari Paslon.

"Karena sesuai aturan tidak boleh satu Parpol mendukung lebih dari satu Paslon," kata Rochani, Senin (19/9/2016).

Dijelaskan Rochani, nantinya data apa saja yang sudah dimasukkan Parpol ke Silon akan bisa diakses oleh publik. Dengan demikian masyarakat akan bisa mengakses dan mengikuti sistem informasi tahapan.

Pada tahun 2015 lalu, menurut Rochani, Silon sudah pernah digunakan. Namun demikian, pada tahun 2017 ini Silon mengalami beberapa perubahan terkait penyempurnaan aplikasi. Hal itu harus diketahui oleh Parpol pengusung Paslon sehingga tidak keliru dalam mengisi data ke Silon. Ini dikarenakan data yang sudah masuk dalam Silon tidak mudah untuk diubah atau diperbaiki.

"Untuk itu, kami sengaja memberikan sosialisasi kepada Parpol peserta Pilkada Kota Batu untuk bisa menggunakan Silon sebelum pendaftaran Paslon di buka," ujar Rochani.

Dijelaskan Rochani, dengan Silon tersebut KPU Pusat dan KPU Provinsi serta DPP Parpol juga bisa ikut memantau data Paslon yang diusung dalam Pilkada serentak. Dengan demikian apabila ada kekeliruan pelaksanaan keputusan KPU atau keputusan DPP Parpol bisa segera ada perbaikan dan koreksi.

"Untuk itu, program Silon ini dirasa penting dalam Pilkada serentak sehingga harus diketahui semua Parpol," tutur Rochani.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved