Malang Raya

Perajin Perahu Kayak Kota Malang Kebanjiran Pesanan Saat PON

pembuatan perahu ini yang paling sulit ialah saat bagian membentuk lapisan atas untuk tempat duduk

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Pekerja home industri Pingka milik Mung Sukendro menyelesaikan pembuatan perahu Kayak pesanan konsumen di Jalan Mayjen Sungkono, Kota Malang, Selasa (4/10/2016). Dalam Seminggu home industri yang juga memproduksi wahana permainan anak ini mampu membuat satu buah perahu Kayak yang dijual Rp 7.5 juta per buah. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Perajin home industri Perahu Kayak di bengkel Pingka, sedang kebanjiran pesanan. Saat ditemui SURYAMALANG.COM di bengkel Pingka milik Mung Sukendro tepatnya di Jl Mayjen Sungkono Kota Malang, terlihat lima orang perajin sedang mengerjakan satu Perahu Kayak, Kamis (6/10/2016).

Seperti yang dilakukan Helmi Yusron (46), ia sedang memoles Perahu Kayak bersama satu kawannya. Perahu Kayak yang sedang ia buat ini merupakan pesanan untuk tempat wisata di Karangkates, Sumberpucung, Kabupaten Malang.

"Selain tempat wisata biasanya juga banyak pesanan untuk lomba olah raga. Pas lagi PON itu banyak pesanan. Dua hari biasanya bisa bikin dua. Biasanya cuma satu," tuturnya di sela-sela memoles Perahu Kayak itu.

Di dekat Perahu Kayak yang ia buat, ada satu perahu berwarna oranye. Perahu ini sudah jadi dan siap diambil oleh pemesan. Lama membuat perahu Kayak ini jika perajinnya ada banyak, sekitar dua hari sudah jadi.

Helmi menjelaskan, pembuatan perahu ini yang paling sulit ialah saat bagian membentuk lapisan atas untuk tempat duduk. Karena badan perahu ini terbuat dari fiber.

"Tidak mudah untuk membentuk lekungan sebagai tempat duduk. Jadi harus orang yang khusus atau ada tukangnya sendiri," imbuh warga Blimbing itu.

Satu Perahu Kayak ini dijual dengan harga kisaran Rp 7,5 juta sudah sepaket dengan gayungnya. Perahu Kayak yang biasanya dibuat untuk olah raga dayung ini bisa memuat sekitar tiga orang. Atau bisa juga untuk satu orang, lagi-lagi sesuai pesanan.

Sementara itu, pemilik Bengkel Pingka, Mung Sukendro, menambahkan ukuran Perahu Kayak ini sekitar 4 meter dan memiliki berat sekitar 40 kilogram. Tak hanya membuatkan saja, tetapi juga menerima servis Perahu Kayak.

"Biasanya yang servis ini karena perahunya terbentur dengan perahu lain atau batu. Paling banyak bocor pada lapisan bawah," imbuhnya.

Selain membuat perahu Kayak, juga membuat wahana permainan yang terbuat dari faber. Seperti peluncuran, ayunan, dan masih banyak lagi.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved