Breaking News:

Malang Raya

Politeknik Negeri Malang Beri Pelatihan Akuntansi Kepada UMKM

"Kami memberi pelatihan TEAM (Training Edukasi Akuntansi Modern) ke mereka," jelas Aang Afandi, ketua panitia kepada SURYAMALANG.COM

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana pelatihan akutansi untuk UMKM di Graha Pertamina Polinema, Jumat (21/10/2016). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengadakan pelatihan akutansi untuk 120 peserta UMKM, Jumat (21/10/2016). Kegiatan ini digelar selama dua hari sampai Sabtu (22/10/2016).

"Kami memberi pelatihan TEAM (Training Edukasi Akuntansi Modern) ke mereka," jelas Dr Aang Afandi SE MM, ketua panitia kepada SURYAMALANG.COM di sela acara.

Fokusnya adalah bagaimana UMKM mencatat dan mengelola keuangannya. Menurut dia, ini adalah urutan acara seminar sebelumnya yang menghadirkan Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia).

"Jamkrindo akan me-rating UMKM sebagai dasar UMKM untuk mendapatkan dana dari perbankan," kata dosen Polinema ini.

Salah satu penilaiannya adalah bagaimana UMKM mengelola keuangannya. Semakin tinggi rating UMKM, maka yang perolehan kredit dari perbankan  besar. Menurut dia, kendala pengelolaan keuangan di UMKM adalah belum tertib pencatatanya.

"Karena itu kami mencoba memfasilitasinya untuk mengenalkan akuntasi secara sederhana dalam pelatihan dua hari," kata dia. Diasumsikan akuntansi ini untuk lulusan SMA. Sehingga diupayakan yang dasar.

Harapannya agar mereka tertarik mencatat keuangan dengan baik. Biasanya UMKM mencatatnya secara tertulis. Di pelatihan nanti akan memakai komputer dengan aplikasi program sederhana MYOB yang sudah memakai Bahasa Indonesia.

"Nanti jika setiap hari melakukan pencatatan dengan baik, maka tahap berikutnya terkomputerisasi. Sehingga ketika pinjam di bank, maka sudah ada pengelolaan keuangannya," paparnya.

Sulistina Atmaja, pengusaha UMKM Qkress, produk kriping pisang di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang merasakan manfaatnya ikut pelatihan.

"Saya jadi bisa belajar menyusun keuangan yang benar dan mendapatkan tekniknya," aku Sulistina. Menurut dia, usahanya sudah berjalan tiga tahun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved