Otomotif

Wow, Inilah Sirkuit Terbaru Indonesia, Dirancang oleh Arsitek Sirkuit Sepang

Sirkuit ini bakal dibangun di kawasan Jakabaring, Palembang,dengan dana kurang lebih mencapai Rp 500 miliar.

Wow, Inilah Sirkuit Terbaru Indonesia, Dirancang oleh Arsitek Sirkuit Sepang
Dokumentasi Pemprov Sumsel
Denah rencana Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sirkuit ini rencananya akan dibangun mulai 2017 dan bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2018. Gambar diambil dalam pertemuan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). 

SURYAMALANG.COM - Indonesia akan segera punya sirkuit canggih berstandar internasional.

Sirkuit ini bakal dibangun di kawasan Jakabaring, Palembang,dengan dana kurang lebih mencapai Rp 500 miliar.

Tak main-main, sirkuit ini dirancang oleh Hermann Tilke, arsitek speasialis sirkuit, yang sudah merancang sejumlah sirkuit kelas dunia, di antaranya Sepang, Bahrain, dan Shanghai.

Sirkuit Palembang ini diestimasi bakal bisa digunakan pada Oktober atau November 2018, pasca gelaran ASEAN Games.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kalau saat ini lahan yang akan dibangun masih berupa rawa-rawa, dengan total lahan mencapai 120 hektar.

Luas lahan ini diklaim sudah memenuhi standar yang ditetaplkan Dorna.

"Iya lahannya saat ini masih mentah atau rawa, nanti kita akan sulap menjadi sirkuit. Jadi pada bulan Oktober atau November 2018 sudah bisa digunakan untuk MotoGP. Lahan tersebut ada di seberang danau," ujar Alex saat dijumpai di Sepang, Minggu (30/10/2016).

Alex melanjutkan, kalau sebelumnya lahan ini rencananya akan dibangun lapangan golf, tapi akhirnya itu urung dilakukan. Alex beralasan kalau dirinya lebih berminat menjadikan itu sebagai sirkuit yang bisa dinikmati masyarakat semua kalangan.

"Tadinya untuk golf, tapi pertimbangan kami golf itu hanya untuk kalangan tertentu dan terbatas. Penontonnya saja tidak boleh jika ingin tepuk tangan. Lalu diputuskanlah akhirnya membuat sirkuit," ujar Alex.

Sadikin Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia menambahkan, untuk mengejar target tersebut, peletakan batu pertama atau pembangunan, harus sudah dimulai pada Februari 2016. "Ini waktunya sangat ketat jadi kami harus benar-benar melakukannya," ujar Sadikin. (Ghulam Muhammad Nayazri)

Editor: Aji Bramastra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved