Malang Raya

Per 1 Januari 2017, Handphone 4G Bakal Dibatasi, Harus Ada Kandungan Lokal

Tujuan dari kebijakan ini ialah selain mendukung digital ekonomi juga untuk melibatkan Resert and Development (R & D) yang digabungkan dengan kampus

Per 1 Januari 2017, Handphone 4G Bakal Dibatasi, Harus Ada Kandungan Lokal
abc7chicago.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Per 1 januari 2017 nanti, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI akan membatasi masuknya gadget, terutama handphone yang 4G yang tidak memenuhi kandungan lokal. Kandungan lokal yang dimaksud ini ialah berupa aplikasi yang dimiliki atau dibuat oleh anak muda Indonesia.

Hal ini dikatakan oleh Deddy Hermawan, Staf Khusus Menteri Bidang Informatika Kemkominfo RI. Ia mengatakan tujuan dari kebijakan ini ialah selain mendukung digital ekonomi juga untuk melibatkan Resert and Development (R & D) yang digabungkan dengan perguruan tinggi.

“Harus ada kandungan lokalnya, minimal 40 persen. Jadi nanti meminta perusahaan besar seperti Apple dan Google supaya bisa berjualan harus mengandung R&D tadi dan melibatkan kampus,” kata dia, Minggu (20/11/2016).

Untuk itu, ia sangat memerlukan peran mahasiswa yang perguruan tinggi (PT) siap untuk digandeng dengan perusahaan besar. Karena hal ini bisa membawa investasi besar. Yakni tahap awal bisa mencapai 40 juta Dollar Amerika. Dari target 120 juta Dollar Amerika.

“Ini bagian dari program besar digital ekonomi. Nantinya pasti mencari PT yang siap. Tidak menutup kemungkinan dari Kota Malang,” pungkas dia.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved