Breaking News:

Malang Raya

Ini Iming-iming Pemkot Malang Agar Pemilik Bangunan Cagar Budaya Mau Lestarikan Bangunannya

Sekarang sulit melihat kondisi Kayutangan tempo dulu. Nuansa kawasan cagar budaya di kawasan tersebut sudah tidak terlihat.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Zainuddin
Dokumentasi Universitas Brawijaya.
Tampak depan rumah tua Jalan Basuki Rahmat VI/988, Kota Malang pada 2008. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pemkot Malang sedang menelusuri situs-situs cagar budaya untuk dikembalikan fungsinya. Selain Kayutangan, wilayah lain yang juga menjadi sasaran adalah Jalan Ijen dan sekitarnya.

Kepala Badan Perencaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Wasto mengakui sudah banyak perubahan Kayutangan tempo dahulu dengan sekarang.

Perlu diketahui, wilayah Kayutangan meliputi Jalan Basuki Rahmat mulai Kantor PLN Area Malang sampai persimpangan dekat Alun-alun Merdeka.

Sekarang sulit melihat kondisi Kayutangan tempo dulu. Nuansa kawasan cagar budaya di kawasan tersebut sudah tidak terlihat.

“Wilayah ini banyak dipermasalahkan nilai sejarahnya. Kalau mau diangkat kembali, bukan hanya kawasan kanan-kiri jalan saja. Tetapi juga rumah di gang,” kata Wasto usai seminar bertema Arsitektur Heritage Kawasan Kota Tua di kampus Universitas Islam Negeri Maulana Maliki Ibrahim (UIN Maliki)  Malang, Sabtu (3/12/2016).

Pihaknya masih menampung berbagai pemikiran dan saran dari akademisi maupun prakitisi terkiat tindak lanjut pengembalian Kayutangan sebagai kawasan cagar budaya.

Saran dan masukan itu akan ditampung dan dituangkan dalam Perda Malang tentang Cagar Budaya yang masih dibahas bersama DPRD.

“Dalam pembahasan lanjutan bersama dewan, kami akan mengajak pemilik rumah hadir. Ini untuk mempertimbangkan insentif proporsional,” ucapnya.

Selama ini pemilik bangunan belum mendapat insentif. Pemkot baru berencana memberi insentiaf, di antaranya keringanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pembenahan jika terjadi kerusakan.

“Jika insentif sudah proposional, tinggal kewajiban pemilik menjaga nilai cagar budaya,” imbuhnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved