Pasuruan

Indahnya Toleransi Beragama di Pasuruan Tercermin Dalam Perayaan Imlek di Klenteng Tjioe Tik Kiong

Orang yang terlibat dalam kegiatan ini bukan hanya etnis Tionghoa. Dia menyebut sebagian panitia itu dari Islam, Kristen , Hindu, dan Budha.

Indahnya Toleransi Beragama di Pasuruan Tercermin Dalam Perayaan Imlek di Klenteng Tjioe Tik Kiong
SURYAMALANG.COM/Galih Lintartika
Pesta Rakyat di Kelenteng Tjioe Tik Kiong, Kota Pasuruan, Minggu (5/2/2017) malam. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Ribuan warga Pasuruan dan luar Pasuruan menghadiri pesta rakyat di Kelenteng Tjioe Tik Kiong di Jalan Lombok, Kota Pasuruan, Minggu (5/2/2017) malam.

Pesta rakyat ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kelenteng untuk merayakan pergantian tahun baru Tiongkok atau Imlek 2568.

Dalam perayaannya ini, pihak kelenteng menyediakan sejumlah hiburan mulai tarian adat Tiongkok, dan tarian asal Indonesia. Ada juga penampilan barongsai, penampilan kesenian musik, dan sebagainya.

Tak hanya itu, panitia juga menyediakan konsumsi makanan dan minuman secara gratis. Pengunjung boleh makan dan minum sepuasnya. Tak khayal, stan makanan dan minuman gratis ini diserbu pengunjung.

Sekretaris Kelenteng Tjioe Tik Kiong, Yudhi mengatakan pesta rakyat ini mengusung tema persaudaraan.

“Kami ingin pesta rakyat ini bukan milik orang Tionghoa di Pasuruan. Tapi semua bisa merasakannya,” kata Yudhi.

Dia mengatakan kegiatan ini untuk menjaga toleransi umat beragama. Dia tidak ingin ada perpecahan, maka pesta rakyat dalam rangka merayakan pergantian tahun baru Imlek ini dibuat dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Menurutnya, orang yang terlibat dalam kegiatan ini bukan hanya etnis Tionghoa. Dia menyebut sebagian panitia itu dari Islam, Kristen , Hindu, dan Budha.

“Itu juga berlaku dalam pengisi acara. Jadi yang tampil barongsai itu ada yang orang Islam, ada orang Kristen, dan sebagainya. Pokoknya campuran. Kami sangat ingin menunjukkan bahwa kegiatan ini simbol kerukuran antar umat beragama,” imbuhnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved