Malang Raya

Kakek Penyelamat 1001 Mayat di Kabupaten Malang Dihadiahi Perahu Baru

Sudah tiga bulan Kamari harus berhenti mengarungi Bendungan Sengguruh. Pekerjaan mengumpulkan sampah dilakukan hanya dari tepi bendungan

Kakek Penyelamat 1001 Mayat di Kabupaten Malang Dihadiahi Perahu Baru
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Kamari (tengah berbaju kuning) diapit Kapolsek Kepanjen dan Camat Kepanjen 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kamari (63), pencari sampah sekaligus relawan evakuasi mayat di Bendungan Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang selama ini mengandalkan perahu tua.

Perahu tersebut juga menjadi sandaran hidupnya, untuk memungut sampah plastik untuk dijual kembali. Namun Nahas, perahu tersebut kini bocor parah. Bahkan kebocorannya tidak mungkin ditambal lagi.

(BERITA TERKAIT : Pekerjaan Kakek Ini Sungguh Mulia, Menyelamatkan 1001 Mayat yang Gentayangan di Sungai Brantas)

Sudah tiga bulan Kamari harus berhenti mengarungi Bendungan Sengguruh. Pekerjaan mengumpulkan sampah dilakukan hanya dari tepi bendungan.

Namun jasa besar Kamari yang sudah mengevakuasi ratusan mayat di Bendungan Senggurh mendapat perhatian dari kepolisian, pemerintah, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Kepanjen Lighting Bikers Community (KLBC). Kamari mendapat hadiah kejutan berupa perahu baru.

Perahu berwarna kuning, putih dengan garis lengkung biru ini diserahkan langsung di Bendungan Sengguruh, Minggu (5/2/2017). Penyerahan dilakukan oleh Kapolsek Kepanjen, Kompol Mas Ahmad Sujalmo, Camat Kepanjen Abai Saleh, perwakilan RAPI dan KLBC.

“Kami mengapresiasi jerih payah Pak Kamari selama ini. Ini bentuk bentuk apresiasi kami bersama kawan-kawan komunitas,” ucap Sujalmo.

Sujalmo menambahkan, Bendungan Sengguruh sangat penting untuk menemukan mayat yang hanyut di Sungai Brantas. Sebab bendungan ini muara dari aliran sungai dari Kota Malang.

Karena itu peran Kamari yang mengevakuasi mayat juga sangat diperlukan. Bukan saja perahu, Abai Saleh menjanjikan bedah rumah untuk Kamari. Bantuan ini sebagai bentuk apresiasi kerja kemanusiaan yang dilakukan Kamari selama ini.

“Sebagai camat saya menghargai rasa kemanusiaan Pak Kamari. Dalam waktu dekat saya akan mengadakan bedah rumah beliau,” janji Abay.

Penulis: David Yohanes
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved