Malang Raya

Ciplis Kena Tumor Mata Sejak Setahun Silam, Usahanya Dapat Pengobatan Bikin Air Mata Meleleh

Penyakit yang dideritanya ini bermula saat dia pergi ke sawah di Dampit, Kabupaten Malang pada Maret 2016.

SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Penderita tumor maya, Ciplis Agustina (43) ditemui di rumahnya, Senin (13/2/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tumor mata (orbita suspec malikna) merubah kehidupan Ciplis Agustina (43). Perempuan asal Jalan Sebuku, Kota Malang ini sering menutupi setengah wajahnya karena tidak ingin memperlihatkan luka di mata kanan.

Pembantu Rumah Tangga (PRT) ini hanya pasrah menerima keadaan. Penyakit yang dideritanya ini bermula saat dia pergi ke sawah di Dampit, Kabupaten Malang pada Maret 2016. Tiba-tiba dia merasa digigit hewan kecil yang menyebabkan mata kanannya benjol. Lama-kelamaan, benjolan itu membesar.

“Membesarnya itu tiga hari berikutnya. Awalnya saya biarkan. Lama-lama semakin membesar. Saya periksa ke pusmesmas, dan dirujuk ke rumah sakit. Karena saya tidak memiliki BPJS, saya tidak lanjutkan periksa dan berobat ke rumah sakit,” kata ibu dua orang anak ini, Senin (13/2/2017).

Dia membiarkan benjolan itu sampai membesar dan hampir menutupi setengah wajahnya. Tidak tahan terhadap penyakitnya, dia terpaksa memeriksakan ke rumah sakit. Hasilnya, dia mengidap tumor mata ganas.

Karena tidak memiliki biaya untuk berobat, Ciplis mengurus BPJS Kesehatan. Sayangnya, dia harus menunggu sebulan untuk mendapat kartu peserta BPJS Kesehatan. Setelah menjadi peserta BPJS Kesehatan, dia harus menunggu 7 bulan untuk mendapat kamar inap di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).

“Kata petugas, kamarnya tidak ada yang kosong. Padahal dokter menyarankan operasi. Tetapi saya sabar menunggu itu. Sampai akhirnya saya berhasil menjalani perawatan dan operasi di rumah sakit,” imbuhnya.

Ciplis mendapatkan perawatan mulai November 2016 sampai sekarang. Meskipun terkover BPJS Kesehatan, dia haris membayar beberapa obat dan perawatan rumah sakit.

“Saya sudah jual dua sepeda motor. Satu motor milik suami, dan satu motor milik anak saya,” imbuhnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved